Perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang bersifat
fisik. Komponen ini merupakan suatu komponen yang dapat dilihat dan
disentuh. Beberapa macam perangkat keras komputer di antaranya adalah
CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkatperangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, misalnya sebagai alat input,
alat proses, media penyimpanan data, atau alat output.
1. Alat Input (Input)
Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka,
simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga
dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa
mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yang
termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner,
touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.
a. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data
berupa huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem
operasi yang dijalankan oleh komputer. Oleh karena itu, keyboard disebut
juga sebagai papan ketik.
Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf,
angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi,
apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan
fungsi khusus atau cara pintas yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang
paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY yang meniru
sistem tata letak huruf pada mesin ketik. Keyboard tipe baru mempunyai tombol tambahan di bagian atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya)
untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.
b. Mouse
Mouse adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan
sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk
mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah
kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.
Mouse pertama kali dibuat pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang
berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan
tiga buah tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus
yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal
dengan nama X-Y Position Indicator.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang
menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak
menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi
gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel,
baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Pada mouse mekanik, bola akan berputar pada saat mouse digerakkan.
Penggulung mouse akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan.
Cakram akan menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang
cahaya. LED inframerah akan memancarkan lewat cakram. Setelah itu,
sensor akan mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan
Y kursor pada monitor.
c. Gamepad
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau controlpad, merupakan
tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penggunaan jari,
khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki
tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya
pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern
umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
Gamepad dapat digunakan sebagai alat input pada komputer, asalkan
mempunyai connector yang sesuai dengan port pada CPU. Namun, sekarang
sudah banyak dijual gamepad yang dapat digunakan pada komputer.
d. Joystick
Joystick adalah alat input pada komputer
berupa tuas yang dapat bergerak ke segala arah.
Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua
atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya
digunakan sebagai peleng-kap untuk memainkan
permainan video yang dilengkapi lebih dari satu
tombol.
e. Scanner
Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk memindai suatu
bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu
pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data
digital. Oleh karena itu, scanner merupakan alat input data berupa gambar
atau dokumen.
Jika dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner
terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Flatbed
Pada scanner flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian
lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut
untuk memperoleh gambarnya.
2) Automatic Document Feeder (ADF)
Pada scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan
pada baki/tray, kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan
oleh bagian mekanik scanner yang berada di assy dan roller. Pada
saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner bekerja
untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.
Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
- Kecepatannya tinggi, dapat mencapai lebih dari 10.000 lembar per
jam.
- Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang
bersamaan.
- Scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah
dipindai.
f. Touchpad
Touchpad adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap
sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse)
karena memiliki bagian sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik.
Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).
g. Trackball
Trackball adalah alat penunjuk berupa bola
kecil yang berada di dalam sebuah alat yang
memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya
terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga
pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus
berulang kali untuk dapat menaikkan atau
menurunkan layar.
h. Web Camera
Web camera (webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang
dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web
camera sederhana terdiri dari sebuah lensa standar untuk menangkap sinyal
gambar, casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar,
lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar,
kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke komputer dan ujung
satu lagi memiliki connector.
Sebuah web camera biasanya dilengkapi
dengan software yang dapat mengambil
gambar-gambar dari kamera digital secara
terus menerus ataupun dalam interval waktu
tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi
internet. Selain gambar, web camera juga
dapat mengambil video dari kamera digital
sehingga dapat disimpan dalam komputer.
Oleh karena itu, web camera merupakan alat
input data berupa gambar dan video.
Ada berbagai macam merek web camera, di antaranya adalah Logitech,
Sunflower, dan sebagainya. Webcam biasanya memiliki resolusi sebesar 352
× 288 atau 640 × 480 piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1
megapiksel. Sekarang, hampir semua kamera digital dan HP dapat dijadikan
sebagai web camera.
i. Mikrofon
Mikrofon merupakan alat input yang
berfungsi untuk mengubah gelombang
bunyi menjadi isyarat listrik. Data yang
dapat dimasukkan ke dalam komputer
melalui mikrofon berupa gelombang suara
atau bunyi. Mikrofon sering digunakan untuk
proses perekaman suara ke komputer.
2. Central Processing Unit (CPU)
Central processing unit (CPU) merupakan perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat proses. CPU mengatur seluruh proses, dimulai dari proses
perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar, bahkan pengolahan
suara. Data-data yang diolah dalam CPU merupakan data yang dimasukkan
melalui alat input atau yang tersimpan dalam media penyimpanan.
Oleh
karena itu, CPU dikatakan sebagai suatu komponen perangkat keras
terpenting pada komputer. Selain itu, CPU juga berfungsi untuk mengatur
kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya, seperti printer, mouse,
speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya.
CPU terdiri dari berbagai komponen
perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat proses, di antaranya adalah motherboard, processor, memory, VGA, modem,
dan sound card. Pada bagian belakang
kotak CPU terdapat port untuk alat
input dan alat output. Berikut ini adalah
penjelasan dari alat-alat tersebut. Ayo
cermati dengan saksama.
a. Motherboard (Mainboard)
Motherboard (mainboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai
komponen komputer saling terhubung. Pada motherboard terdapat beberapa
slot untuk meletakkan perangkat lainnya, seperti slot memory, slot VGA card,
slot soundcard, slot modem, dan sebagainya.
b. Processor
Processor merupakan bagian utama dari CPU. Processor mempunyai
fungsi yang sama seperti halnya otak pada manusia, yaitu mengendalikan
semua kinerja dari bagian CPU lainnya, seperti mengatur penjadwalan
proses, mengatur komunikasi antarbagian pada CPU, dan mengatur proses
perhitungan.
c. Memory
Memory merupakan bagian dari CPU yang berfungsi untuk menyimpan
instruksi-instruksi dan data-data yang diperlukan untuk menjalankan
operasinya. Semakin besar kapasitas memory CPU, semakin cepat proses
pengolahan datanya.
Memory dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1) ROM (Read Only Memory)
Read only memory merupakan memory yang hanya dapat dibaca oleh
CPU. Dengan kata lain, informasi yang terkandung didalamnya bersifat
statis atau tidak dapat berubah-ubah. ROM bersifat nonvolatile, artinya
data atau informasi yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang jika
tenaga listriknya dipadamkan.
2) RAM (Random Acces Memory)
Random access memory merupakan memory yang sering berhubungan
dengan processor. RAM merupakan tempat penyimpanan segala data
dan informasi yang diperlukan oleh processor dalam suatu operasi. RAM
bersifat volatile, artinya data atau informasi yang tersimpan di dalamnya
akan hilang jika tenaga listrik dipadamkan. Mengapa demikian? Hal ini
terjadi karena data dan informasi yang tersimpan di dalamnya hanya
bersifat sementara.
d. VGA
VGA (Video Graphics Adapter) adalah standar tampilan komputer
yang berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Dalam
penggunaannya, VGA ada yang sudah tergabung di dalam motherboard,
dan ada juga yang berupa kartu VGA yang diletakkan pada port VGA dalam
motherboard.
Hal ini bergantung pada spesifikasi motherboard, apakah VGAnya onboard atau tidak. Untuk proses desain grafis atau bermain video game
di komputer diperlukan kartu VGA yang berdaya tinggi agar komputer dapat
dioperasikan.
e. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator
merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa
dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan, demodulator adalah bagian yang
memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal
pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan
baik.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada
modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat
dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi, seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal
digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Berdasarkan letaknya pada komputer, modem dibedakan menjadi dua
jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal letaknya
di dalam CPU, yaitu pada slot modem yang terdapat dalam motherboard.
Sedangkan, modem eksternal letaknya di luar CPU dan dihubungkan dengan
kabel penghubung ke CPU.
f. Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat keras komputer yang
digunakan untuk memproses data digital berbentuk suara. Pada awalnya,
sound card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang,
sound card merupakan perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara
pemasangannya, sound card dibedakan menjadi tiga, yaitu:
- Sound card onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada
motherboard komputer.
- Sound card offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/
PCI pada motherboard.
- Soundcard external, yaitu sound card yang penggunaannya
disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau
firewire.
Data digital yang berupa suara akan dikirim ke sound card. Data digital
ini diproses oleh DSP (pengolah sinyal digital) bekerja dengan DAC (konversi
digital ke analog). Setelah sinyal digital diubah menjadi sinyal analog,
kemudian sinyal analog ini diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
g. Port untuk Alat Input dan Alat Output
Pada bagian belakang dari kotak CPU terdapat port untuk alat input
dan alat output. Port ini digunakan untuk mengatur keluar masuknya data
atau informasi pada CPU. Jenis port ini di antaranya adalah port USB, port
printer, port VGA, port mouse, port keyboard, dan port untuk alat input atau
alat output lainnya.
Untuk menentukan port mana yang merupakan port mouse atau keyboard,
kamu tinggal mencocokan saja antara konektor yang terdapat pada ujung
kabel mouse atau keyboard dengan port yang ada. Pada umumnya, terdapat
kecocokan antara warna konektor dengan warna port.
3. Media Penyimpanan Data
Media penyimpanan data pada komputer terdiri dari harddisk, CD/DVD
drive, dan floopy drive. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing
perangkat tersebut.
a. Harddisk
Harddisk merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan
semua data maupun informasi. Tidak hanya untuk menyimpan data dan
informasi, perangkat ini juga digunakan untuk menyimpan file dan folder yang
telah kamu buat, software pendukung, dan lain sebagainya.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi
tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu
piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya, harddisk secara fisik menjadi semakin tipis
dan kecil, namun memiliki daya tampung data yang semakin besar. Kini,
harddisk tidak hanya dapat terpasang di dalam CPU (internal) tetapi juga
dapat dipasang di luar CPU (eksternal) dengan menggunakan kabel USB.
b. CD/DVD Drive
CD/DVD drive merupakan komponen CPU yang berfungsi pada
proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive dapat membaca dan
menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan DVD
drive dapat membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW, DVD-R,
dan DVD-RW.
CD-R atau CD-RW adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik
(optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan
pada CD-R atau CD-RW dapat mencapai 700 MB atau 700 juta byte.
CD-R
bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi), sedangkan
CD-RW bersifat rewrite (dapat ditulisi berulang-ulang).
DVD-R atau DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CDRW, tetapi DVD-R atau DVD-RW dapat menyimpan data lebih banyak, yaitu
dapat mencapai 4 GB (giga byte).
c. Floppy Drive
Floppy drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan
atau membaca data dari disket (floppy disk). Disket atau floppy disk adalah
perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan
magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi dengan lapisan plastik
berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling
umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), tetapi kapasitas
sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
4. Alat Output (Keluaran)
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat keluaran (output)
di antaranya adalah monitor, speaker, dan printer. Ayo cermati uraian berikut
ini agar kamu memahaminya.
a. Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan visualisasi hasil dari semua operasi
yang terjadi di dalam CPU. Hasil keluaran atau output yang ditampilkan
oleh monitor dapat berupa tulisan, gambar diam, maupun gambar bergerak
atau animasi. Untuk saat ini, monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di
antaranya adalah monitor CRT, monitor LCD, dan monitor plasma.
1) Monitor CRT
Monitor CRT (cathode ray tube) atau monitor tabung sinar katoda
merupakan jenis monitor yang pertama kali digunakan untuk teknologi
komputer. Tabung sinar katoda ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun,
merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam
layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop.
Tabung sinar katoda dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai
dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan
dasar perkembangan dari layar plasma, LCD, dan bentuk teknologi TV
lainnya.
Bentuk monitor CRT cukup besar sehingga memerlukan tempat yang
agak luas untuk meletakkannya. Monitor CRT memiliki layar cembung
sehingga kurang baik untuk keperluan desain.
2) Monitor LCD
Monitor LCD (liquid crystal display) adalah jenis monitor yang
menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Monitor LCD
bentuknya sangat simpel karena tipis dan ringan sehingga tidak
menghabiskan banyak tempat untuk meletakkannya dan mudah untuk
dibawa-bawa. Monitor LCD juga memiliki layar yang datar sehingga
sangat pas digunakan untuk keperluan desain.
Oleh karena itu, monitor
LCD sudah banyak digunakan untuk monitor komputer di perkantoran.
Selain itu, LCD juga digunakan di dalam berbagai alat-alat elektronik,
seperti televisi, kalkulator, dan telepon seluler.
3) Monitor plasma
Monitor plasma adalah monitor layar datar emisif yang cahayanya
dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan
plasma antara dua layar datar yang bahannya terbuat dari gelas.
b. Speaker
Speaker berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran berupa suara.
Speaker mampu mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan
cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
c. Printer
Printer adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak
dokumen yang telah dibuat. Dokumen-dokumen tersebut dapat berupa surat,
buku, gambar, laporan, dan lain sebagainya. Printer biasanya terbagi atas
beberapa bagian, yaitu tray sebagai tempat menaruh kertas, picker sebagai
alat mengambil kertas dari tray, dan tinta atau toner sebagai alat pencetak
sesungguhnya.
Selain itu, ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi
kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB
sebagai penghubung ke komputer.
Berdasarkan jenisnya, printer dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai
berikut:
- Printer tinta
Printer tinta bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan
tinta yang ada di dalam cardridge ke kertas.
- Printer dot matrik
Printer jenis dot matrik mempunyai pengetuk-pengetuk kecil yang
berbentuk titik (pin).
- Printer laser
Printer laser bekerja seperti mesin fotokopi yang menyemprotkan serbuk
tinta dengan model pencahayaan. Kualitas hasil printer laser paling
bagus, namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.
Posting Komentar untuk "Perangkat Keras Komputer (Hardware)"