Belakangan ini sering terdengar orang Kristen yang mengucapkan kata
“syalom” sebagai ungkapan salamnya. Tampaknya praktik ini dilakukan untuk
menanggapi kebiasaan serupa yang dilakukan oleh saudara-saudara kita yang
beragama Islam, yang mengucapkan “assalam mu’alaikum” kepada sesamanya.
Tapi apakah arti kata “syalom” yang sesungguhnya, dan apa artinya jika kita
mengucapkan kata itu kepada sesama kita? Apa yang kamu pahami sebagai
“damai” atau keadaan damai?
Kata syalom dalam bahasa Ibrani biasanya diterjemahkan menjadi ”damai”
atau ”damai sejahtera”. Dalam bahasa Yunani, bahasa yang digunakan dalam
penulisan Perjanjian Baru, kata ini diterjemahkan menjadi eirene. Kata syalom atau
“damai sejahtera” sering dipergunakan untuk memberikan salam kepada sesama.
Dalam bahasa Ibrani orang mengucapkan syalom aleikhem, yang artinya “damai
sejahtera bagimu”. Ucapan ini dijawab dengan kata-kata aleikhem syalom. Kata ini
mirip sekali dengan kata “salam alaikum” atau “assalamu alaikum” dan “wa alaikum
salam” dalam bahasa Arab, bukan?
Kita tidak perlu heran. Bahasa Arab memang
berasal dari rumpun yang sama dengan bahasa Ibrani seperti halnya bahasa
Tagalog dengan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Arab kata syalom diterjemahkan
menjadi salam, kata yang sama yang dipergunakan dalam bahasa Indonesia yang
sangat diperkaya oleh kosakata dari bahasa Arab karena pengaruh agama Islam.
Kata ini dapat kita bandingkan dengan salam Horas! di kalangan masyarakat Batak;
Ya’ahowu! di dalam masyarakat Nias.
Di kalangan masyarakat Yahudi, kebiasaan memberi salam seperti ini sangat
lazim. Dalam Lukas 10:5 Tuhan Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk
memberikan salam ini apabila mereka mengunjungi rumah seseorang. “Kalau
kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi
rumah ini.” (Lukas 10:5). Salam ini juga diucapkan oleh Tuhan Yesus ketika Ia
menampakkan diri-Nya ke tengah-tengah murid-murid-Nya setelah kebangkitanNya: “Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba
berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi
kamu!” (Lukas 24:36). Dalam ungkapan kata syalom aleikhem memang terkandung
sebuah doa yaitu “kiranya damai sejahtera menyertaimu.”
Sejauh ini kita sudah membahas bagaimana kata “damai sejahtera” digunakan
dalam kehidupan sehari-hari bagi orang Yahudi. Tetapi, apakah arti “damai
sejahtera” itu sendiri? Alkitab menerjemahkan kata “syalom” menjadi “damai
sejahtera”. Bukan semata-mata “damai” saja, meskipun kata syalom itu sendiri
memang berarti “damai” atau “perdamaian”. Arti kata “syalom” memang jauh lebih
luas daripada sekadar “damai” saja. Berikut ini adalah sejumlah kata dan konsep
yang digunakan untuk menerjemahkan kata “syalom”, sehingga kita dapat
membayangkan kekayaan makna yang dikandungnya.
1. Persahabatan
Syalom antara sahabat berkaitan dengan hubungan yang akrab ( Zakharia
6:13). Dalam Mazmur 28:3 orang diingatkan akan sahabat yang mulutnya
manis, tetapi niatnya jahat: “Janganlah menyeret aku bersama-sama dengan
orang fasik ataupun dengan orang yang melakukan kejahatan, yang ramah
dengan teman-temannya, tetapi yang hatinya penuh kejahatan.” Kata “ramah” di
sini merujuk kepada ucapan yang penuh syalom. Dalam versi bahasa Inggris
penggunaan kata ini menjadi lebih jelas:
- Do not drag me away with the wicked, with those who are workers of evil,
who speak peace with their neighbours, while mischief is in their hearts.
(New Revised Standard Version)
- Do not take me away with the wicked and with the workers of iniquity, who
speak peace to their neighbors, but evil [is] in their hearts.. (New King James
Version)
Dalam 1 Raja-raja 2:13 dikisahkan pula tentang Adonia yang menghadap
kepada Batsyeba, ibu Salomo, dan ditanyai, “Apakah engkau datang dengan
maksud damai?” Ia menjawab,“Ya, damai!” Namun pada kenyataannya tidak
demikian. Ia datang dengan niat jahat.
2. Kesejahteraan
Kata syalom juga berarti kesejahteraan yang menyeluruh, termasuk
kesehatan dan kemakmuran yang semuanya berasal dari Tuhan. Hal ini dapat
kita temukan dalam 2 Raja-raja 4:26 ketika hamba Elisa bertanya kepada
perempuan Sunem dalam cerita ini, “Selamatkah engkau, selamatkah suamimu,
selamatkah anak itu?”Dalam bahasa aslinya, bahasa Ibrani, pertanyaan ini
berbunyi, “Apakah engkau memiliki damai [sejahtera]?” Maksud pertanyaan
ini mirip dengan menanyakan kesejahteraan orang lain seperti dalam
pertanyaan, “Apa kabar?”
Maksudnya tentu bukan hanya sekadar menanyakan
berita tentang orang yang dimaksudkan, melainkan menanyakan keberadaan
menyeluruh orang tersebut.
Hal serupa diungkapkan oleh pemazmur dalam Mazmur 38:4 ketika
ia meratap: “Tidak ada yang sehat pada dagingku oleh karena amarahMu, tidak ada yang selamat pada tulang-tulangku oleh karena dosaku”.
Maksud pemazmur, dosa-dosanya telah mengganggu dirinya sehingga ia
tidak memiliki syalom, kedamaian, di dalam dirinya. Oleh karena itulah ia
mengatakan, “tidak ada yang sehat pada dagingku”, karena syalom memang
mempengaruhi kesejahteraan bahkan juga kesehatan dan kedamaian dalam
diri seseorang.
3. Keamanan
Dalam Hakim-hakim 11:31, Yefta mengucapkan nazarnya bahwa bila ia
kembali dari medan perang “dengan selamat” (dengan aman, dalam syalom),
maka makhluk pertama yang keluar dari pintu rumahnya untuk menemuinya
akan dipersembahkannya kepada Tuhan sebagai korban bakaran. Dalam Yesaya 41:3, Tuhan berbicara tentang utusan-Nya yang akan
mengalahkan lawan-lawannya. “Ia akan mengejar mereka dan dengan selamat
(dengan syalom) ia melalui jalan yang belum pernah diinjak kakinya.”
Dalam kitab yang sama, Yesaya juga melukiskan hubungan antara
hidup yang benar di hadapan Allah yang akan menghasilkan keamanan dan
ketenteraman. Yesaya melukiskan demikian, “Di mana ada kebenaran di situ
akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan
ketenteraman untuk selama-lamanya. Bangsaku akan diam di tempat yang
damai, di tempat tinggal yang tenteram di tempat peristirahatan yang aman.
(Yesaya 32: 17-18). Dalam Perjanjian Baru, Yesus mengatakan, “Apabila seorang yang kuat dan
yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah [en eirene –
bahasa Yunani]segala miliknya.” (Lukas 11:21).
4. Keselamatan
Akhirnya kata syalom juga digunakan dalam kaitan dengan “keselamatan”.
Dalam Yesaya 57:19 dikatakan, “Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai,
damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat -- fi rman
TUHAN -- Aku akan menyembuhkan dia!” Berita “damai sejahtera” yang
diberitakan berkaitan erat dengan kesembuhan yang Tuhan janjikan.
Keselamatan yang utuh dapat dilihat dari penggunaan kata “damai sejahtera”
dalam hubungannya dengan “keadilan” (Yesaya 60:17) atau seperti dalam
Mazmur 85:11 yang menyatakan “Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan
dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.”
Hubungan antara keselamatan dan perdamaian menjadi lebih jelas lagi
apabila kita melihat bagaimana Perjanjian Baru memaknai karya keselamatan
yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus,
13)Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah
menjadi “dekat” oleh darah Kristus. 14)Karena Dialah damai sejahtera kita,
yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok
pemisah, yaitu perseteruan, 15)sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia
telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,
untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 16) dan untuk memperdamaikan
keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan
perseteruan pada salib itu. 17)Ia datang dan memberitakan damai sejahtera
kepada kamu yang “jauh” dan damai sejahtera kepada mereka yang “dekat”,
18)karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk
kepada Bapa. (Efesus 2: 13-18)
Di sini jelas bahwa keselamatan yang diberikan oleh Tuhan Yesus bagi kita
telah menciptakan juga pendamaian antara orang-orang yang dahulunya
“jauh” dan saling terasing serta bermusuhan. Keselamatan yang dikerjakan
oleh Tuhan Yesus adalah keselamatan yang utuh, yang meliputi kehidupan
jasmani dan rohani, yang mencakup masa depan tetapi juga berlaku di masa
kini dan sekarang.
Uraian di atas telah menggambarkan secara lebih luas dan mendalam
apa yang dimaksudkan dengan memberlakukan apa yang Allah kehendaki
di dalam hidup kita seperti yang telah kita lihat dalam Kitab Ulangan dan
Injil Yohanes. Kita sudah melihat bahwa damai sejahtera bukanlah sesuatu
yang akan hadir secara otomatis di dalam hidup kita, melainkan harus kita
upayakan dengan kerja keras dan kesungguhan.
Dalam liturgi sejumlah gereja ada kalanya kita menemukan salah satu
bagian ketika jemaat saling mengucapkan “salam damai” atau “damai Kristus
besertamu”. Mengapa mereka melakukan hal ini? Apakah makna yang ada di
balik tindakan ini?
Pemberian salam dan pengucapan “salam damai” atau “damai Kristus
besertamu” adalah sebuah tindakan yang menggambarkan hasil pendamaian
yang telah dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus bagi manusia. Setelah kita
menerima berita pengampunan dan pendamaian dari Tuhan, hubungan
kita dengan sesama pun dipulihkan kembali. Karena itulah kita saling
mengucapkan “salam damai” atau “damai Kristus besertamu”
Ucapan “salam damai” atau “damai Kristus besertamu” juga mengandung
doa dan pengharapan bahwa kita dan sesama orang percaya boleh ikut serta
di dalam karya pendamaian yang telah dikerjakan oleh Tuhan Yesus. Oleh
karena itulah, dalam Kolose 3:15 dikatakan: “Hendaklah damai sejahtera Kristus
memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi
satu tubuh”. Apakah arti kata-kata ini?
Pertama, Kristus telah memperdamaikan kita dengan sesama. Oleh karena
dosa, kita hidup dalam permusuhan dengan sesama kita. Dosa telah membuat
kita hidup egois, mementingkan diri sendiri dan tidak peduli akan orang lain. Berikutnya, dengan pendamaian-Nya, Kristus mengajarkan agar kita hidup
dalam satu tubuh yang disebut gereja. Inilah panggilan kita sebagai gereja
Tuhan. Gereja diharapkan oleh Tuhan untuk hidup dalam kesatuan. Sayangnya,
gereja justru seringkali hidup dalam perpecahan. Oleh karena itulah, Kolose
3:15 mengingatkan kita agar terus hidup dalam satu tubuh, sehingga sebagai
gereja dapat terus menjadi saksi bagi damai sejahtera Yesus Kristus.
Posting Komentar untuk "Memahami Makna “Syalom”"