Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Ketimpangan Sosial beserta Contohnya


Ketimpangan Sosial adalah kesenjangan (ketimpangan) atau ketidaksamaan akses untuk mendapatkan atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya bisa berupa kebutuhan primer, seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, peluang berusaha, dan kerja, serta dapat berupa kebutuhan sekunder, seperti sarana pengembangan usaha, sarana perjuangan hak asasi, sarana saluran politik, dan pemenuhan pengembangan karier.

Ketimpangan Sosial merupakan fenomena yang terjadi pada masyarakat Indonesia dan masyarakat di dunia yang disebabkan oleh perbedaan dalam hal kualitas hidup yang sangat mencolok. Fenomena ini dapat terjadi pada negara manapun. 


Ketimpangan Sosial dapat mencolok dari berbagai aspek, misalnya dalam aspek keadilan. Ada juga ungkapan bahwa "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin." Adanya ketidakpedulian terhadap sesama dikarenakan adanya kesenjangan yang terlalu mencolok antara yang kaya dan yang miskin. Di saat banyak orang miskin kedinginan karena pakaian yang tidak layak mereka pakai, tetapi banyak oyang kaya yang berlebihan dalam membeli pakaian.


Pemerintah hendaknya lebih memperhatikan masalah ketimpangan sosial. Dalam pembukaan UUD 1945 telah meberi amanat kepada pemerintah untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Masyarakat tentunya berharap orang-orang yang berada di pemerintahan lebih serius untuk memikirkan kepentingan bangsa.


Kemiskinan memang bukan hanya menjadi masalah di negara Indonesia, melainkan juga negara maju masih sibuk mengentaskan masalah tersebut. Kemiskinan memang selayaknya tidak diperdebatkan, tetapi diselesaikan. Dengan benturan sebuah opini, akan muncul suatu kebenaran. Dengan kebenaran, keadilan ditegakkan dan apabila keadilan ditegakkan kesejahteraan bukan lagi menjadi sebuah impian, melainkan akan menjadi sebuah kenyataan.


Demikian artikel mengenai Definisi Ketimpangan Sosial dan Contohnya. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Definisi Ketimpangan Sosial beserta Contohnya"

close