Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Sosial

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Sosial

Integrasi sosial sebagai suatu proses sosial dapat tercapai karena adanya berbagai faktor internal dan eksternal yang mendorong proses tersebut. Sebagaimana dalam proses asimilasi, integrasi sosial dapat dicapai karena faktor-faktor berikut ini :

1. Sikap saling menghargai

Masing-masing pihak mengakui kelemahan dan kelebihan budaya masing-masing. Hal ini akan mendekatkan masyarakat yang menjadi pendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.

2. Perkawinan campuran (amalgamation)

Perkawinan campuran antara dua pendukung kebudayaan yang berbeda bisa mendorong terciptanya integrasi bangsa.

3. Toleransi 

Toleransi yang mendorong terjadinya komunikasi yang efektif antara kebudayaan yang berbeda tersebut akan mendorong terciptanya integrasi di antara mereka.

4. Adanya musuh bersama dari luar

dalam keadaan seperti ini berbagai kelompok dan golongan yang berbeda dalam masyarakat tersebut akan melepaskan atribut perbedaanya dan bersama-sama menghadapi musuh mereka.

5. Sikap terbuka

Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat. Semua ini dapat diwujudkan dengna memberikan kesempatan yang sama kepada golongan minoritas untuk memperoleh pendidikan,pemeliharaan kesehatan,penggunaan fasilitas umum,dan partisipasi politik.

6. Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan

Pengetahuan tentang persamaan-persamaan unsur kebudayaan yang berlainan akan mendekatkan masyarakat pendukung kebudayaan yang satu dengan yang lainnya. Hal ini akan menghilangkan prasangka-prasangka yang semula mungkin ada diantara pendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.

7. Kesempatan yang seimbang

Kesempatan yang seimbang dalam ekonomi bagi berbagai golongan masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda. Hal ini akan mempercepat proses integrasi sosial karena dalam sistem ekonomi yang dmeikian,setiap individu mendapat kesempatan yang sama untuk mencapai kedudukan tertentu atas dasar kemampuan dan jasa-jasanya. Kondisi seperti nii dapat menetralisir perbedaan-perbedaan kesempatan atau peluang dari kebudayaan-kebudayaan tersebut.


Faktor-faktor Penghambat Integrasi Sosial

Faktor-faktor yang menghambat tercapainya integrasi dalam kehidupan masyarakat yaitu gejala atau fenomena sosial yang dikategorikan sebagai proses sosial yang disosiatif. Contohnya sebagai berikut.
  1. Persaingan tidak sehat
  2. Fanatisme yang berlebian karena perbedaan ras, etnis, kebudayaan, agama, daerah, mayoritas, dan minoritas.
  3. Rendahnya sikap toleransi dalam hidup bermasyarakat.
  4. Konflik atau pertentanga akibat tidak tuntasnya penyelesaian suatu masalah
  5. Prasangka buruk yang dilatarbelakangi cemburu sosial
  6. Pembedaan perlakuan para pemimpin terhadap warganya,baik individu atau kelompok.
  7. Berlangsungnya tindakan anggota masyarakat baik individual atau kelompok yang dinilai menganggu keteraturan dan keseimbangan hidup bermasyarakat.
   
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Sosial"

close