Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Fungsi Matematika dan Trigonometri Pada Excel Serta Penggunaanya



ABS (Returns the Absolute Value Of a Number)

belajar microsoft excel 2010, belajar microsoft excel untuk pemula, belajar microsoft excel pdf, belajar microsoft excel 2007, belajar microsoft excel 2010 pdf, belajar microsoft excel untuk admin, belajar microsoft excel untuk akuntansi, belajar microsoft excel untuk kasir, belajar microsoft excel dasar, belajar microsoft excel untuk administrasi, belajar microsoft excel di android, belajar microsoft excel untuk anak sd, belajar microsoft excel dari awal, belajar microsoft excel untuk administrasi pdf, aplikasi belajar microsoft excel, belajar microsoft excel bagi pemula, belajar microsoft excel buat pemula, belajar microsoft excel beserta gambarnya, belajar microsoft excel basic, belajar microsoft excel - step by step, belajar microsoft excel visual basic, belajar ms excel 2010 bagi pemula
Fungsi ABS() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai absolut atau nilai positif dari nilai numerik yang disediakan. Fungsi ABS() merupakan salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi matematika atau trigonometri Microsoft Excel.
Sintaks : =ABS(number)
Penerapan :

ACOS (Returns The Arccosine of a Number)
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai radian Arc Cosinus dari suatu data numerik. Nilai yang dihasilkan ACOS berkisar antara 0 sampai 3.14159265358979. angka adalah data numerik atau alamat sel yang memiliki nilai numerik dan memiliki nilai antara -1 sampai +1.
Sintaks : = DEGREES(ACOS(number))
Penerapan : 

ASIN (Return the Arcsine of a Number)
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai radian Arc Sinus suatu data numerik. Nilai yang dihasilkan ASIN antar nilai -3.14(pi)/2 (-1.57079) sampai +3.14/2 (1.57079). angka adalah data numerik atau alamat sel yang memiliki nilai numerik yang menyatakan nilai antar -1 sampai +1.
Sintaks : = DEGREES(ASIN(number))
Penerapan :

ATAN (Returns the Arctangent of a Number)
Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai radian Arc Tangent data numerik. Nilai yang dihasilkan ATAN antara nilai -3.14/2(-1.57079) sampai +3.14(1.57079). angka adalah data numerik atau alamat sel yang memiliki nilai bilangan dalam satuan radian.
Sintaks : = DEGREES(ATAN(number))
Penerapan :

CEILING (Rounds a number to the nearest integer or to the neareast multiple of  significance)
Fungsi ini digunakan untuk membulatkan sebuah bilangan ke atas pada nilai kelipatan terdekat yang diberikan. Angka adalah data yang akan dibulatkan. Argumen ini dapat berupa data numerik atau alamat sel yang berisi data numerik atau rumus yang menghasilkan data numerik. Kelipatan adalah nilai kelipatan yang diinginkan. Jika angka yang dimasukkan selain data numerik, maka fungsi CEILING akan menghasilkan #VALUE!. Jika antara anka dan kelipatan yang dimasukkan berbeda tanda, maka fungsi CEILING akan menghasilkan nilai #NUM!.
Sintaks : = CEILING(angka,kelipatan)
Penerapan :

COMBIN (Returns the Number of Combinations for a Given Number of Objects)
Fungsi ini digunakan untk menentukan jumlah kombinasi atau kelompok yang mungkin dapat dibentuk dari sekumpulan item.

  • X adalah angka jumlah item dalam suatu kelompok.
  • Y adalah kelipatan jumlah item dari suatu kombinasi.
  • Angka harus berupa angka bulat atau bukan angka pecahan.
  • Jika argumen berisi data non numerik, maka fungsi COMBIN akan menghasilkan nilai kesalahan #VALUE!.
  • Rumus untuk menentukan jumlah kombinasi menggunakan aturan, n=jumlah item dan k=jumlah item dalam satu kelompok.

Formula Umumnya :
sebagai contoh:
berapa jumlah nilai kemungkinan kombinasi dari 3 kelompok yang diformasikan oleh 10 orang Jika dihitung secara manual dengan menggunakan persamaan di atas, dimana x = 10, dan y = 3, kira-kira hasilnya berapa yaaa... yang jelas harus cari nilai faktorial 10, kemudian cari nilai faktorial 3, selanjutnya cari nilai factorial (10-3), selanjutnya lakukan oprasi pembagian.....
Sintaks : = COMBIN (number;number_chosen)
Penerapan :

COS (Return the Cosine of a Number)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai Cosinus dari suatu nilai radian. angka adalah data numerik atau alamat sel yang memiliki data numerik yang merupakan nilai sudut yang dinyatakan dalam satuan radian (radian=180 derajat). Untuk mengubah nilai sudut dari derajat ke radian, kalikan sudut derajat dengan nilai PI()/180.
Sintaks : = COS(RADIANS(NUMBER))
Penerapan :

DEGREES (Convert Radians to Degrees)
Fungsi ini digunakan untuk mengubah nilai sudut dari satuan radian menjadi nilai derajat.
nilai_sudut adalah nilai sudut dalam satuan radian yang akan diubah.
Sintaks : = DEGREES(nilai_sudut)
Penerapan :

FACT (Returns the Factorial of a Number)
Fungsi ini digunakan untuk menghitung hasil perkalian faktorial dari suatu bilangan.
angka adalah data numerik atau alamat sel yang memiliki data numerik. Jika angkanya bilangan pecahan, maka Microsoft Excel akan mengabaikan bilangan pecahan tersebut dan hanya mengambil bulatnya saja.
Sintaks : =FACT(Number)
Penerapan :

INT (Rounds a Number down to the nearest Integer)
Fungsi ini digunakan untuk membulatkan bilangan pecahan dengan pembulatan ke bawah ke bilangan bulat terdekat. Juga dapat digunakan untuk mencari hasil bagi dari suatu operasi pembagian dengan mengabaikan nilai pecahannya. angka adalah data numerik atau alamat sel berisi data numerik yang akan dibulatkan.
Sintaks : = INT(Number)
Penerapan :

LOG (Returns the logarithm of a Number to a specified base)
Fungsi LOG digunakan untuk menhasilkan nilai logaritma dari bilangan dengan nilai basis tertentu. Jika argumen basis tidak diberikan, maka Microsoft Wxcel akan menghitung dengan menggunakan nilai basis default 10. angka adalah data numerik positif atau alamat sel yang berisi data numerik positif yang akan dicari nilai logaritmanya. basis adalah nilai basis perhitungan logaritma.
Sintaks : = LOG(basis,number)
Penerapan :

LOG10 (Returns the base-10 Logarithm of a Number)
Fungsi LOG10 digunakan untuk menghitung nilai logaritma suatu bilangan dengan basis 10.
angka adalah data numerik positif atau alamat sel yang berisi data numerik positif yang akan dicari nilai logaritmanya dengan basis 10.
Sintaks : = LOG10(Number)
Penerapan : 

MOD (Returns the remainder from Division)
dapat kita pergunakan untuk mendapatkan nilai modulus atau sisa dari hasil pembagian.
angka adalah alamat sel yang berisi data jenis numerik atau bisa juga data numerik yang akan kita bagi. pembagi merupakan alamat sel yang berisi data jenis numerik atau data numerik yang merupakan bilangan pembagi. Apabila bilangan pembaginya adalah nol (0), maka akan diperoleh hasil nilai salah #DIV/0!. Jikapembagi yang kita gunakan bernilai negatif maka akan menghasilkan nilai negatif pula dan juga sebaliknya apabila kita menggunakan pembagi bernilai pototif maka hasilnya potsitif. Fungsi daripada Rumus MOD dapat juga dituliskan dengan fungsi INT sebagai berikut : MOD(a,b)=a-b*INT(a/b)
Sintaks : = MOD(Number,Pembagi)
Penerapan :

PI (Returns The Value of Pi)
Rumus PI dapat dipergunakan untuk memperoleh nilai 3.14159265358979 yang merupakan konstanta dari nilai pi sampai dengan 15 digit. Adapun Rumus PI tidak memerlukan argumen.
Sintaks : = PI()
Penerapan :

PRODUCT (Multiplies its Arguments)
Rumus PRODUCT dapat kita gunakan untuk mencari hasil dari perkalian dari sederetan bilangan. angka1, angka2, angka3, ..... merupakan data numberik atau bisa juga alamat sel atau alamat range yang berisikan data numberik yang merupakan nilai-nilai yang akan kita kalikan. angka yang akan dikalikan juga dapat dimasukkan ke dalam sebuah range. Apabila dalam range tersebut ditemukan data kosong, teks atau nilai logika, maka hanya sel yang berisi data numberik yang akan dikalkulasikan/dikalikan.
Sintaks : = PRODUCT(Angka1:Angka_n)
Penerapan :

RADIANS (Convert Degrees to Radians)
Rumus RADIANS merupakan salah satu fungsi dari Microsoft Excel yang dapat kita pergunakan untuk merubah nilai sudut dari satuan derajat menjadi satuan radian. nilai_sudut merupakan bilangan yang mewakili sudut dalam bentuk satuan derajat
Sintaks : = RADIANS(Number)
Penerapan :

RAND (Returns a random Number between 0 and 1)
Rumus RAND dan RANDBETWEEN pada Microsoft Excel yaitu digunakan untuk membuat bilangan Acak. Penggunaan bilangan acak atau random bisa diterapkan untuk pembagian klompok belajar supaya lebih adil, pengambilan nomer undian acak  dsb tergantung dari kebutuhan. Apabila kita akan menggukana rumus RAND untuk menghasilkan nilai acak, akan tetapi tidak ingin nilai tersebut berubah-ubah setiap kali sel kita melakukan proses kalkulasi maka kita dapat memasukkan rumus: =RAND() dalam formula bar, selanjutnya tekan tombol fungsi F9 supaya rumus menghasilkan sebuah nilai acak.
Sintaks : = RAND()
Penerapan :

ROUND (Rounds a Number to a specified number of digits)
Fungsi atau rumus pembulatan angka desimal pada excel baik ke atas atau ke bawah. Atau ROUND yaitu untuk membulatkan sesuai dengan ketentuan matematis, artinya : jika nilai pembulatannya kebawah atau keatas, secara otomatis sesuai dengan ketentuan matematis.
Sintaks : = ROUND(Number;JumlahDigit)
Penerapan :

ROUNDDOWN (Rounds a Number down, toward zero)
Rumus ROUNDDOWN digunakan untuk melakukan pembulatan ke bawah.angka adalah data numberik atau alamat sel yang datanya akan kita bulatkan. X adalah jumlah digit pembulatan dari nilai argumen. Apabila X bernilai positif, maka proses pembulatan dilakukan di kanan tanda desimal. Sebaliknya apabila pembulatan dilakukan di kiri tanda desimal maka X bernilai negatif sekaligus menunjukkan jumlah digit desimalnya.
Sintaks : = ROUNDDOWN(Number,x)
Penerapan :

ROUNDUP (Rounds a Number up, awat From zero)
Fungsi ROUNDUP adalah fungsi excel yang digunakan untuk membulatkan angka desimal ke atas pada sejumlah digit tertentu. Dengan fungsi RoundUp angka dibelakang koma akan selalu dibulatkan ke atas menjauhi angka 0.
Sintaks : = ROUNDUP(Number;dibulatkan)
Penerapan :

SIN (Returns the sine of the given angle)
Rumus SIN merupakan ruus excel yang befungsi untuk menghasilkan nilai sinus dari sudut yang dimasukkan. angka merupakan data numerik yang mewakili penulisan nilai sudut yang dinyatakan salam satuan radian (pi radian = 180 derajat). Argumen angka dapat mewakili dengan suatu alamat sel atau rumus
Sintaks : = SIN(RADIANS(number))
Penerapan :

SQRT (Returns a Positive square root)
Rumus SQRT. Dalam pengembangannya Microsoft Office Excel memiliki banyak rumus yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita dalam permasalahan penjumlahan daln lainnya. Salah satunya adalah Rumus SQRT, rumus ini dapat kita pergunakan untuk mendapatkan atau mencari nilai akar kuadrat suatu bilangan. Apabila kita menggunakan penghitungan manual tentunya akan sangat lama, dan jika menggunakan Rumus SQRT akan menjadi sangat cepat.
Sintaks : = SQRT(Number)
Penerapan :

SUBTOTAL (Returns a subtotal in list or Database)
Pada microsoft excel, Fungsi Subtotal termasuk dalam kategori fungsi Math & Trig. Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai subtotal sebuah daftar atau database. Dengan mengggunakan fungsi SUBTOTAL pada rumus excel, anda bisa memilih salah satu perhitungan evaluasi statistika dari 11 fungsi excel lain, yakni fungsi AVERAGE, COUNT, COUNTA, MAX, MIN, PRODUCT, STDEV, STDEVP, SUM, VAR, dan VARP.
Sintaks : = SUBTOTAl (kode fungsi; referensi:referensi)
Penerapan :

SUM (Add it Argument)
Fungsi SUM adalah fungsi excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen. Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel adalah untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.
Sintaks :
Penerapan :

SUMIF (Adds the Cells specified by by a given critia)
Fungsi sumif merupakan suatu fungsi pada ms excel yang didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan (memenuhi satu kriteria).
Sintaks : = SUMIF(range, criteria, [sum_range])
Penerapan :

SUMPRODUCT (Returns the Sum of the products of corresponding array componen)
Fungsi/Rumus SUMPRODUCT adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mendapatkan jumlah dari hasil perkalian antara baris-baris yang bersesuaian pada beberapa Array atau sekumpulan data.
Sintaks :
Penerapan :

TAN (Returns the tangent of a number)
Fungsi TAN merupakan fungsi trigonometri pada excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai tangen dari suatu sudut yang dinyatakan dalam satuan radians. Dalam bekerja atau belajar dengan fungsi matematika dan trigonometri, kita dapat menggunakan Rumus TAN untuk memperoleh hasil nilai tangen dari suatu nilai sudut yang dimasukkan.
Sintaks :
Penerapan :
belajar microsoft excel 2010 pdf bahasa indonesia, belajar microsoft excel dengan cepat, cara belajar microsoft excel 2010, cara belajar microsoft excel untuk pemula, cara belajar microsoft excel bagi pemula, contoh belajar microsoft excel, cara belajar microsoft excel pdf, cara belajar microsoft excel 2007, cara belajar microsoft excel 2016, belajar menggunakan microsoft excel, belajar microsoft excel di hp, belajar microsoft excel dan rumusnya, belajar microsoft excel dasar pdf, belajar microsoft excel doc, belajar microsoft excel vlookup dan hlookup, belajar microsoft excel untuk dunia kerja, ebook belajar microsoft excel, ebook tutorial belajar microsoft excel pdf, ebook gratis belajar microsoft excel, ebook panduan belajar microsoft excel 2010, e learning microsoft excel, formation e-learning microsoft excel, belajar formula microsoft excel, belajar fungsi microsoft excel, belajar rumus formula microsoft excel, free download panduan belajar microsoft excel 2010, belajar microsoft excel gratis, belajar cara guna microsoft excel, belajar membuat grafik di microsoft excel, belajar guna microsoft excel, belajar microsoft excel hlookup dan vlookup, belajar hitungan microsoft excel, belajar microsoft excel 2007 lengkap, belajar microsoft excel 2007 lengkap pdf, belajar microsoft excel 2007 tingkat mahir pdf, belajar ms excel 2007 bagi pemula, belajar ms excel 2007 pdf, panduan belajar microsoft excel 2007 download, cara belajar microsoft excel 2007 lengkap, belajar microsoft office excel, belajar excel sampai mahir, belajar microsoft excel untuk kantor, belajar microsoft excel menggabungkan kolom, belajar microsoft excel untuk tes kerja, belajar komputer microsoft excel, cara belajar microsoft excel membuat kolom, belajar kegunaan microsoft excel, belajar membuat kolom microsoft excel 2007, belajar microsoft excel lengkap, belajar microsoft excel lebih dalam, belajar microsoft excel lengkap pdf, belajar microsoft excel lanjutan, belajar microsoft excel 2010 lengkap pdf, belajar microsoft excel 2016 lengkap pdf, belajar microsoft excel membuat tabel, belajar microsoft excel macro dan vba, belajar ms excel membuat tabel, belajar microsoft excel sampai mahir, belajar microsoft excel tingkat mahir, belajar microsoft excel dengan mudah dan cepat, belajar ngeprint microsoft excel, cara nak belajar microsoft excel, belajar microsoft excel online, belajar microsoft office excel 2007 pdf, belajar microsoft office excel 2007, belajar menggunakan microsoft excel oleh baba studio, panduan belajar microsoft office excel 2010 pdf, cara belajar ms office excel, cara cepat belajar microsoft office excel 2007 secara komplet, belajar microsoft excel pemula, belajar microsoft excel pemula mahir dalam sekejap, belajar microsoft excel ppt, belajar microsoft excel pivot table, belajar microsoft excel professional, belajar ms excel pivot, belajar microsoft excel rumus, belajar microsoft excel rumus vlookup, cara belajar microsoft excel rumus if, belajar rumus microsoft excel untuk administrasi, belajar rumus microsoft excel 2010 lengkap pdf, belajar rumus microsoft excel lengkap.pdf, belajar rumus microsoft excel dan contohnya, belajar microsoft excel step by step, belajar microsoft excel sederhana, belajar microsoft excel sum, cara belajar microsoft excel secara otodidak, soal belajar microsoft excel, belajar microsoft excel terbaru, belajar microsoft excel tingkat lanjut, belajar ms excel tingkat mahir, belajar ms excel tingkat lanjut, belajar tentang microsoft excel, belajar microsoft excel untuk pemula pdf, belajar microsoft excel vba, belajar ms excel vlookup, video belajar microsoft excel, video belajar microsoft excel 2010, download video belajar microsoft excel 2007, belajar microsoft excel windows 10, belajar ms word excel, cara belajar microsoft excel dan word, belajar excel basic, belajar microsoft excel youtube, youtube belajar microsoft excel 2010, youtube belajar microsoft excel 2007, belajar tentang excel, tutorial cara cepat belajar microsoft excel level 1, belajar microsoft excel 2016, belajar microsoft excel 2013, belajar microsoft excel 2007 untuk pemula, belajar microsoft excel 2019, belajar excel pemula sampai mahir,
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis - Jenis Fungsi Matematika dan Trigonometri Pada Excel Serta Penggunaanya"

close