Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelompok Okupasional dan Volunter

Kelompok Okupasional dan Volunter - Pada awalnya suatu masyarakat, menurut Soerjono Soekanto, dapat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Artinya, di dalam masyarakat tersebut belum ada pembagian kerja yang jelas. Akan tetapi, sejalan dengan kemajuan peradaban manusia, sistem pembagian kerja pun berubah.


Salah satunya adalah masyarakat itu sudah berkembang menjadi suatu masyarakat yang heterogen. Pada masyarakat ini, sudah berkembang sistem pembaigan kerja yang didasarkan pada kekhususan atau spesialisasi. Warga masyarakat akan bekerja sesuai dengan bakatnya masing-masing.

Setelah kelompok kekerabatan yang semakin pudar fungsinya, muncul kelompok okupasional yang merupakan kelompok terdiri atas orang-orang yang melakukan pekerjaan sejenis. Kelompok semacam ini sangat beasr peranannya di dalam mengarahkan kepribadian seseorang terutama para anggotanya.


Sejalan dengan berkembangnya teknologi komunikasi, hampir tidak ada masyarakat yang tertutup dari dunia luar sehingga ruang jangkauan suatu masyarakatpun semakin luas. Meluasnya ruang jangkauan ini mengakibatkan semakin heterogennya masyarakat tersebut. Akhirnya tidak semua kepentingan individual warga masyarakat dapat dipenuhi.


Akibatnya dari tidak terpenuhinya kepentingan-kepentingan masyarakat secara keseluruhan, muncullah Kelompo Volunter. Kelompok ini mencakup orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat yang semakin luas jangkauannya tadi.


Dengan demikian, kelompok volunter dapat memenuhi kepentingan-kepentingan anggotanya secara individual tanpa menganggu kepentingan masyarakat secara luas. Salah satu contoh Kelompok volunter di Indonesia adalah KIIP (Komite Independen Pemantau Pemilu)

Jadi dari ulasan diatas dapat kita simpulkan, bahwa : 
  • Kelompok Okupasional adalah kelompok sosial yang memiliki jenis pekerjaan yang sama
  • Kelompok Okupasional berasal dari kelompok kekerabatan yang berkembang menjadi masyarakat yang heterogen akibat pengaruh dari luar
  • Dlaam masyarakat heterogne timbul spesialisasi pekerjaan atas dasar bakat dan kemampuan
  • Kelompok Volunter adalah kelompok sosial yang terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama
  • Kelompok Volunter muncul akibat dari heterogenitas masyarakat yang semakin luas dan semakin berkembang.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kelompok Okupasional dan Volunter"

close