Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diferensiasi Klan, Suku Bangsa, dan Profesi


Diferensiasi Klan
Klan adalah satuan sosial yang para anggotanya mempunyai kesamaan darah (geneologis) yang terdapat dalam masyarakat. Kelompok kekerabatan itu ditarik berdasarkan garis keturunan secara unilateral. Kelompok ekkerabatan melalui garis keturunan dari pihak ibu disebut matrilineal, sedangkan kelompok kekerabatan berdasarkan garis keturunan dari pihak bapak disebut patrilineal.

Klan merupakan salah satu dasar perbedaan masyarakat ke dalam kelompok-kelompok. Pembatasan klan bukan merupakan perbedaan vertikal, melainkan horizontal. Anggota suatu klan tidak lebih tinggi status sosial daripada anggota klan lainnya. Menruut Prof.Koentjaningrat dalam bukunya Antropologi Sosial membedakan klan menjadi 2 macam, yaitu klan kecil dan klan besar.


Diferensiasi Suku Bangsa

Suku bangsa merupakan golongan sosial yang mempunyai ciri-ciri yang berkaitan dengan asal-usul, tepat asal, dan kebudayaan. Ciri-ciri yang paling mendasar dari suku bangsa yaitu adanya kesamaan :
  • tipe fisik, seperti warna kulit dan rambut
  • bahasa yang digunakan
  • adat istiadat termasuk hukum adatnya
  • kebudayaan khususnya kesenian
  • kesadaran kolektif

Diferensiasi menurut suku bangsa adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa dengan bahasa dan kebudayaan masing-masing. Menurut Prof.Koentjaraningrat suku bangsa atau ethnic group adalah suatu golongan manusia yang terkait oleh kesadaran dan identitas atau kesatuan kebudayaan, sedangkan kesadaran dan identitas seringkali dikuatkan oleh kesatuan bahasa.

Diferensiasi Profesi
Diferensiasi sosial berdasarkan profesi merupakan penggolongan penduduk atau warga masyarkat berdasarkan jenis profesi atau pekerjaan yang merupaka sumber penghasilan yang dimilikinya. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang dalam pelaksanaanya memerlukan keahlian.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Diferensiasi Klan, Suku Bangsa, dan Profesi"

close