Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fungsi Alat Musik

Fungsi alat musik terdiri dari Fungsi Melodi, Fungsi Harmoni, dan Fungsi Ritme/Ritmis.

1. Fungsi Melodi

Fungsi ini berarti bahwa alat musik yang disajikan dalam pertunjukan musik hanya memainkan melodi sebagai susunan dari notasi/nada yang nanti dimainkan oleh musik vokal dalam bentuk lagunya. 

Kita dapat mengambil contoh untuk jenis alat music pianika, recorder, dan gitar, serta saron dalam gamelan, bonang pada gamelan degung, angklung melodi, suling, yang peranannya dalam pertunjukkan musik memainkan bagian melodi.


2. Fungsi Harmoni

Dalam pertunjukan musik terdapat alat musik yang dimainkan untuk mengharmonisasikan atau menyelaraskan antara melodi dan ritme. Fungsi harmoni dimainkan oleh alat bantu musik lain atau bisa disebutkan sebagai alat musik penyelaras dari alat musik yang lain. 

Contoh alat musik yang bergungsi sebagai penyelaras, yaitu piano atau keyboard, dan gitar, serta alat musik daerah misalnya kecapi, saron, suling yang difungsikan selain sebagai melodi juga sebagai harmoni.

3. Fungsi Ritme/Ritmis

Jenis alat musik ini akan kita dapatkan dalam bentuk alat musik yang tidak bernada. Misalnya waditra kendang, drum, tamborin, dog-dong, bongo, tifa, timpani, bedug, genjring, dan tam-tam. Selain memberikan irama (ritme/ritmis), alat musik tersebut terkadang juga dapat memberikan warna terhadap suasana pertunjukkan. 

Melalui bunyi ritmis yang ditimbulkan dalam sajian komposisi musik, biasanya suasana pertunjukkan akan lebih terasa lain. Dengan permainan irama yang cepat, sedang, dan lambat akan memberikan dinamika yang berbeda.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "3 Fungsi Alat Musik"

close