Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Wujud Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Kata "kebudayaan" berasal dari bahasa Sanskerta yakni budayyah yang merupakan suatu bentuk jamak dari kata budhi yang berarti budi atau akal. Kebudayaan tersebut diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau juga akal. Menurut para ahli, ada beberapa definisi kebudayaan, diantaranya sebagai berikut.

1. Menurut Edward Burnett Tylor

Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompelks, yang di dalamnya terkandung suatu pengethauan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan yang lain ang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

2. Menurut Andreas Eppink

Kebudayaan itu mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan, serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan sebagainya, tambahan lagi seagala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

3. Menurut Herskovits

Kebudayaan merupakan bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia

4. Menurut Ralp Lintion

Kebudayaan adalah keseluruhan dari pengetahuan sikap dan perilaku yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota masyarakat tertentu.

5. Menurut Koentjaraningrat

Kebudayaan yaitu suatu keseluruhan manusia dari kelakuan serta hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan juga semua itu tersusun di dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Kebudayaan secara umum yaitu suatu hasil cipta, rasa, dan juga karsa manusia di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup suatu pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat, setiap kecakapan, dan juga kebiasaan.


Menurut Ahli geografi, kebudayaan juga dipengaruhi oleh faktor geografis, seperti vegetasi ,iklim, dan kehidupan hewan. Hal ini bisa terlihat dari pilihan makanan, pola pemukiman,tipe bangunan, dan bahan bangunan yang mencerminkan hubungan budaya dengan lingkungan.





Wujud Kebudayaan

Menurut J.J Hoenigman, wujud kebudayaan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1. Gagasan (Ide)

Gagasan kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, norma-norma, nilai-nilai, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abgstrak, tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penlus warga masyarakat tersebut.

2. Aktivitas (Tindakan)

Aktivitas merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, dan begaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat diamati dan didokumentasikan.

3. Artefak (Karya)

Artefak yaitu wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Wujud Kebudayaan"

close