Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Singkat Perang Yunani - Persia

    
Perang Yunani - Persia berawal dari ambisi Raja Darius dari Persia untuk memperluas kekuasaanya ke Asia Kecil yang mencakup beberapa koloni polis-polis kecil Yunani. Athena memberikan bantuan kepada polis-polis itu. Raja Darius menganggap bantuan Athena itu sebagai tantangan perang terhadap Persia.

Selama sepuluh tahun peperangan dihentikan. Raja Darius meninggal dunia dan digantikan oleh putranya bernama Xerxes. Pada tahun 480 SM, Persia kembali menyerbu untuk ketiga kalinya lewat darat dan laut.

Sparta yang dipimpin oleh Raja Leonidas tidak dapat membendung serangan pasukan Persia ini. Namun, pasukan Yunani dari Athena yang dipimpin oleh Temistokles berhasil menghancurkan Angkatan Laut Persia di Teluk Salamis sehingga memaksa Xerxes dan pasukannya untuk melarikan diri kembali ke negerinya.

Berkat ketangguhan pasukan gabungan Sparta-Athena, maka sebagian pasukan Persia dapat dihancurkan di Palatae, sehingga polis-polis di pantai Asia Kecil dapat dibebaskan dari kekuasaan Persia. Akhirnya pada tahun 448 SM, diadakan perdamaian antara Yunani dengan Persia.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cerita Singkat Perang Yunani - Persia "

close