Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Pola Penggunaan Lahan dan Kawasan Permukiman



Pernahkah kamu berkunjung ke perdesaan atau perkotaan? Ketika menyusuri daerah perdesaan terlihat pemandangan alam berupa areal pertanian yang luas, pemukiman penduduk yang jarang, dan jalan kecil yang sederhana. Namun, ketika kamu mengunjungi daerah perkotaan akan terlihat gedung-gedung bertingkat, permukiman yang padat, pusat pemerintahan, dan pusatpusat perdagangan.

Pada dasarnya terdapat perbedaan pola peng gunaan lahan di perdesaan dengan perkotaan. Apakah faktor pendorong adanya perbedaan penggunaan lahan tersebut?

Bagaimana hubungan atau keterkaitan antara ragam bentuk muka bumi dan kondisi wilayah terhadap pola penggunaan lahan, kawasan permukiman, dan kegiatan perekonomian masyarakat setempat?




Ikhtisar

Faktor alam yang berpengaruh terhadap pola penggunaan lahan di muka bumi antara lain sebagai berikut.
1. Ketinggian tempat
2. Kandungan unsur hara
3. Kecuraman lereng
4. Struktur dan tekstur tanah

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun atas lapisan mineral dan bahan organik. Adapun lahan adalah lingkungan fisik yang terdiri atas iklim, relief, tanah, air, vegetasi, serta bendabenda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lahan, termasuk juga hasil kegiatan manusia.

Pola penggunaan lahan di wilayah perdesaan sebagian besar difungsikan sebagai lahan pertanian, per kebunan, dan peternakan.

Pola penggunaan lahan di wilayah perkotaan sebagian besar difungsikan sebagai kawasan industri, permukiman, pusat pemerintahan, dan fasilitas hiburan.

Adapun faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya heterogenitas masyarakat di daerah perkotaan, yaitu sebagai berikut.
1. Perilaku masyarakatnya individualisme.
2. Masyarakatnya terdiri atas keragaman suku dan budaya (multietnis).
3. Kegiatan perekonomian sangat beragam dan bergerak di luar sektor pertanian.
4. Tingginya nilai jual dan harga tanah di daerah perkotaan.
5. Munculnya beragam konflik sosial akibat perbedaan kepentingan.
6. Pola permukiman penduduk cenderung padat dan kompleks.

Kegiatan perekonomian di Indonesia selain di sektor pertanian meliputi perdagangan, perindustrian, transportasi, dan komunikasi.

Pola permukiman penduduk terdiri atas pola permukiman memanjang (linear), pola permukiman terpusat (nucleated), dan pola permukiman tersebar (dispersed).

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Rangkuman Pola Penggunaan Lahan dan Kawasan Permukiman"

close