Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gagal Masuk PTN? Enaknya Pilih Gap Year Atau PTS ya?

Wowitukeren - Memilih tempat kuliah diibaratkan sebagai memilih tempat tinggal. Tak ada salahnya sesorang dalam menentukan pilihan hidupnya masing-masing, khususnya dalam hala memilih tempat melanjutkan studinya. Banyak sekali anggapan yang sering sekali muncul bagi siswa ketika ia gagal dalam sebuah seleksi masuk PTN seperti SNMPTN, SBMPTN, Bahkan hingga ke Ujian Mandiri. Namun tak sedikit pula orang masih binggung memilih PTS atau Gap Year, meskipun pada akhirnya mereka mencoba lagi jalur masuk PTN di tahun berikutnya. Nah baiklah sobat wow yang sudah penasaran apa sih itu Gap Year, atau mungkin sobat wow binggung enakan gap year atau masuk PTS ya? Langsung saja kita bahas secara detail di bawah ini:

Gagal Masuk PTN? Enaknya Pilih Gap Year Atau PTS ya?
Gap Year
Istilah Gap Year adalah sebuah istilah yang memiliki maksud untuk istrihat dalam menempuh pendidikan, pekerjaan, berpergian selama satu periode (Tahun). Tetapi istilah ini biasanya sering sekali dipakai untuk siswa yang masih binggung dalam menentukan pendidikan di jenjang sarjana. Berbagai alasan muncul sebagai penyebab istilah gap year ini sobat, beberapa diantaranya karena kegagalan masuk di PTN favorit pilihan. Kalau menurut gue sih, gap year ini sebenarnya bisa sobat wow gunakan jika benar-benar sobat wow ingin sekali masuk di PTN favorit tersebut. Tetapi, lebih gue sarankan jika sobat wow memilih gap year maka sobat wow harus belajar juga memperdalami soal-soal masuk PTN, agar tak sia-sia waktunya. Kalau menurut gue sih, mendingan memilih PTS saja! Kenapa? Bukan karena gue kuliah di PTS lalu gue nyaranin masuk PTS, begini alasannya sobat. Yang namanya rezeki orang itu berbeda-beda, mau sampai kapanpun sobat berusaha tetapi kalau bukan rezeki sobat ya boat apa. Kan kuliah dimanapun itu sama asalkan sudah ada niatan untuk melanjutukan pendidikan. Tetapi jika sobat wow masih ingin terus berjuang agar masuk PTN gue saranin tetap menggunakan Gap Year, karena jika sobat wow pilih kuliah di PTS akan menghabiskan banyak uang juga, jika pada pertengahan semester sobat wow keluar dari kampus PTS karena lebih memilih PTN.

PTS
PTS selalu saja menjadi momok siswa yang ingin menempuh pendidikan. Dengan berbagai stigma negatif seperti PTS mahal, kualitas PTS masih kurang dibandingkan PTN, dan tentunya masih banyak juga stigma negatif yang selalu menakuti diri sobat wow jika mendengar kata PTS. Tetapi kalau menurut gue pribadi, yang namanya menempuh pendidikan tinggi tidak harus kuliah di kampus PTN, karena seperti yang gue bilang tadi diatas. Kuliah dimanapun sobat, yang terpenting itu sudah ada niatan untuk menempuh pendidikan. Apalagi sekarang yang terpenting itu bukan PTN atau PTSnya sobat. Yang terpenting itu adalah kualitas program studi, dan juga kampusnya. Toh masih banyak juga kampus PTN yang akreditasinya C, dan tentunya juga tidak sedikit kampus PTS yang sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi). Perlu sobat wow ketahui, bahwa kampus-kampus PTS juga memiliki kualitas yang semakin hari semakin maju. Bahkan di negara pamansam sana, kualitas PTSnya jauh lebih bagus dibandingkan perguruan tinggi negerinya seperti MIT.

Nah gimana sobat sudah mantap mau pilih Gap Year atau PTS? Apapun pilihan sobat nantinya itu akan menentukan masa depan sobat juga.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Gagal Masuk PTN? Enaknya Pilih Gap Year Atau PTS ya?"

close