Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah di Spanyol? Bukan Hanya Mimpi!


Wowitukeren – Siapa sih yang tidak ingin kuliah keluar negeri dengan program beasiswa? Pasti semuanya pada menginginkannya. Apalagi dengan beasiswa. Kenapa demikian? Sebab kuliah diluar negeri selain kualitas pendidikannya yang sudah berstandar dunia, sobat juga bisa memperoleh sejuta pengalaman dalam memahami kebudayaan, sejarah negara tersebut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu negara yang memiliki kampus-kampus ternama didunia ialah Spanyol (Spain). Ya siapa sih yang tidak kenal dengan negara ini, mungkin para pecinta sepak bola sudah tidak asing lagi dengan negara Uni Eropa yang kaya akan sejarah dan budaya ini. Real Madrid, Fc Barcelona dsb. Adalah team sepak bola terkenal didunia yang sudah memiliki beberapa kelas kejuaran Internasional. Selain terkenal akan club sepak bolanya yang berkelas. Spanyol juga memiliki sejumlah universitas ternama dan tertua di Eropa. Yang dimana ada sekitar 74 Universitas yang bisa sobat wow pilih untuk bisa melanjutkan studi disana. Memiliki masalah dengan bahasa? Kan tidak bisa bahasa spanyol, eh sobat tetap tenang sebab di Spanyol tidak hanya menggunakan bahasa Spanyol saja untuk proses pembelajarannya, melainkan tetap menggunakan bahasa internasional (Inggris) dalam proses pembelajaran. Meskipun bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa yang terpenting didunia.
Dalam masalah biaya Spanyol membandrol biaya kuliah diangka kisaran 5500 Euro per semesternya. Yah lumayan mahal, setara lah dengan kualitas pendidikan yang akan sobat wow peroleh nantinya! Tapi buat sobat wow yang tidak memiliki biaya sebesar itu harus tetap tenang, kenapa harus tenang? Pasalnya sekarang sudah banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan untuk kita pelajar Indonesia yang menginginkan melanjutkan studi di Spanyol. Sudah penasarankan apa saja beasiswa-beasiswa tersebut. Mari sobat kita simak info beasiswa 2018 ke Spanyol berikut ini!

Erasmus+
Beasiswa dari Uni Eropa ini bisa dikatakan sebagai salah satu beasiswa favorit yang diperebutkan oleh pemburu beasiswa. Erasmus+ resmi ditawarkan untuk menggantikan program beasiswa Eropa sebelumnya yakni Erasmus Mundus. Beasiswa ini ditawarkan kepada sekitar 160 negara diluar kawasan Uni Eropa.
Dalam beasiswa ini terdapat 3 program yang ditawarkan oleh Erasmus+ yakni Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD). Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs) dan Scholars.
Secara keseluruhan beasiswa yang satu ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dll. Berikut ini besaran nilai beasiswa untuk program beasiswa Erasmus+.
  • 24.000 Euro per peserta untuk program EMJDM 1 Tahun dan 48.000 Euro per peserta untuk program EMJDM 2 Tahun. 
  • 60.000 Euro hingga 130.000 Euro untuk program EMJD (3 Tahun). 
  • 14.800 Euro per orang untuk program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 Tahun.

Wah besar juga ya beasiswanya. Bagaimana sobat sudah siap?

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
Siapa sih yang tidak kenal dengan beasiswa yang satu ini. Pasti semua pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri sudah tidak asing lagi dengan program beasiswa ini. Beasiswa ini disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk WNI yang akan melanjutkan studi pendidikan S2 dan S3 didalam dan diluar negeri (termasuk Spanyol). Meskipun beasiswa ini tidak memiliki batas kuota, namun peminat yang jumlahnya meningkat setiap tahun membuat persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini sangatlah ketat dan sulit.
Secara umum beasiswa LPDP ini menanggung semua biaya hidup dan biaya kuliah untuk penerima beasiswa. Namun, sebelum melaksanakan studi, sobat sebagai penerima beasiswa akan mengikuti training kepemimpinan dan pembekalan terlebih dahulu. Selain itu, hampir semua bidang studi diprioritas utamakan dalam beasiswa ini. Jadi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini sangatlah terbuka untuk siapapun.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar LPDP:
  • WNI lulusan S1 atau S2 dengan umut maksimal 35 tahun untuk magister dan 40 tahun untuk doktor.
  • Sehat jasmani dan rohani, serta bebas pemakaian narkoba dan pelanggaran hukum serta sanggup memenuhi ketentuan beasiswa.
  • IPK minimal 3.25
  • Memiliki surat rekomendasi dan sedang tidak menerima beasiswa lain.
  • Memiliki rencana studi dan menulis essay sesuai tema.
  • Nilai TOEFL minimal 500 dengan LoA atau nilai TOEFL minimal 550 tanpa LoA.


Selain program beasiswa tersebut, masih banyak lagi program besiswa lainnya.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kuliah di Spanyol? Bukan Hanya Mimpi!"

close