Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan - Dalam sejarah perkembangannya, manusia telah mengalami evolusi yang cukup panjang. Kita mengenal adanya manusia Pitecantropus Erectus, Megantropus, dan Homo Sapiens. Hampir sama dengan perkembangan manusia, kebutuhan manusia pun terus mengalami perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, manusia harus berusaha, yaitu dengan bekerja.





Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan


Dahulu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia makan hanya mengandalkan bahan makanan yang telah disediakan oleh alam. Misalnya, dengan memakan buah-buahan yang jatuh dari pohon atau berburu binatang yang ada di hutan. Namun, seiring dengan bertambahnya populasi manusia dan meningkatnya jumlah kebutuhan, manusia tidak lagi mengandalkan hidupnya dari alam. Mereka mulai berpikir dan beralih dengan memelihara binatang yang selama ini diburunya dan mengumpulkan bahan makanan yang diperolehnya dari hutan.

Proses pemenuhan kebutuhan manusia tidak hanya beternak dan mengumpulkan makanan, manusia mulai mengenal bertani dan bercocok tanam. Dengan cara inilah diharapkan semua kebutuhannya dapat dipenuhi. Namun, kebutuhan manusia terus berkembang tidak lagi sebatas memenuhi kebutuhan, tetapi didasari keinginan lain, seperti tujuan mencari uang.

Dalam perekonomian yang maju seperti sekarang ini, uang menjadi alat utama dalam memenuhi segala kebutuhan. Dengan uang, orang dapat membeli barang atau jasa yang diperlukannya. Misalnya, orangtuamu bekerja mencari uang yang digunakan untuk biaya sekolah, seragam, transportasi, dan biaya kebutuhan hidup lainnya.

Apakah kebutuhan dan keinginan sama? Jika ditinjau dari ilmu ekonomi, kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Kebutuhan adalah keinginan untuk mendapatkan barang atau jasa yang disertai kemampuan untuk membayarnya dan jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, akan mengakibatkan dampak negatif. Sebaliknya, jika keinginan tidak dipenuhi, tidak akan mengakibatkan dampak negatif. Makan dan minum merupakan salah satu contoh kebutuhan yang jika tidak dipenuhi akan memberikan dampak negatif. Adapun jika keinginanmu untuk berlibur ke luar negeri tidak dipenuhi tidak akan mengakibatkan dampak negatif.

Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya



Mengenai postingan sebelumnya yaitu Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia ini dapat menambah pengetahuan anda.


Kebutuhan setiap manusia akan berubah dan berbeda bergantung dari faktor yang memengaruhinya.

Faktor-faktor tersebut, di antaranya keadaan lingkungan alam, kebudayaan, waktu, agama, pendapatan, dan adat istiadat.
1. Keadaan Lingkungan Alam
2. Peradaban atau Kebudayaan
3. Waktu
4. Agama dan Adat Istiadat
5. Pendapatan

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan"

close