Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Lolos BESWAN DJARUM? Yuk Ikutin Tips Berikut Ini!

Wowitukeren - Yee Beasiswa Djarum Plus telah dibuka siap-siap buat sobat wow untuk segera mendaftarkan dirinya di Beswan Djarum tersebut. Eits pastinya sobat wow panik dan binggung bukan bagaimana tips dan triknya untuk bisa lolos di beswan djarum. Mungkin disini sobat wow juga berpikir untuk melakukan berbagai cara agar bisa lolos dibeasiswa tersebut apalagi dengan adanya jumlah pesaing yang sangat banyak sekali yups sampai 10.000 jiwa loh sobat untuk memperebutkan sekitar 500an kursi beswan djarum. Hey tapi sobat wow jangan panik dulu, sebab disini wowitukeren akan berbagi tips agar lolos di beswan djarum 2018/2019. Seperti apakah tipsnya yuk kita simak tipsnya berikut ini:
Tips dari Dona Setiani.
"Luar biasa fantastis, yes, yes, yes. Beswan-beswan djarum Yes!"
Itulah jargon kebanggaan dari beswan djarum. Sesuai dengan kata yang terdapat dalam jargon tersebut, beswan djarum merupakan salah satu beasiswa yang memiliki banyak sekali keunggulan buat mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Yang dimana salah satu keunggulannya ialah pengalaman yang diberikan selama kegiatan di Beswan Djarum. Menurtu Dona Setiani untuk lolos dibeswan djarum beliau memiliki beberapa tips diantaranya:
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah kuatkan niat dan tekad diawal. Karena biasanya ini yang akan sangat mempengaruhi perjalanan kita melewati tahap demi tahap seleksi, seberapa gigih kita. Harus tahan banting oleh rayuan mendaftar beasiswa lain yang duluan dibuka pendaftarannya. Dan harus kuat dengan segala konsekuensi apabila tidak lolos beasiswa djarum sedangkan beasiswa lainnya sudah tutup pendaftaran.
  2. Kalau langkah pertama sudah oke, barulah masuk ke tahap menyiapkan berkas administrasi dan mengisi formulir secara online. Disini kamu jangan sampai melewatkan satu persyaratan pun, karena para penyeleksi lumayan jeli melihat berkas yang lengkap dan tidak. Setelah semua persyaratan lengkap, masukkan ke dalam amplop dan kirimkan ke alamat kantor djarum sesuai petunjuk (biasanya ada di wbsite resmi Djarum Beasiswa Plus atau tertera pada formulir pendaftaran online).
  3. Kemudian jika kamu lolos tahap administrasi, kamu akan ikut ke tahap selanjutnya, yaitu tahap tes tertulis yang terdiri dari tes potensi akademik dan psikotest. Nah disini, kamu harus menyiapkan diri sebelum test, baik itu persiapan mental maupun belajar soal-soal TPA dan psikotest. Untuk TPA, soalnya tidak jauh beda dengan soal-soal ketika SBMPTN (pengalaman.. hehe) hanya ditambah soal pengetahuan umum saja. Dalam pengerjaannya, kamu harus pintar memanfaatkan waktu. Kerjakan soal yang mudah menurut kamu, jika sulit langsung lewatkan dan berganti ke nomor soal yang lain. Jangan buang waktu hanya berkutat mengerjakan soal yang sulit tersebut. Mesti kamu tahu bahwa di setiap sesi pergantian pengerjaan soal (pengetahuan umum, verbal, logika, dan sebagainya) dibatasi waktu yang super ketat. So, pintar-pintar kamu mengisi lembar jawaban, karena disini tidak ada minus jika jawaban salah. Untuk soal psikotest, disarankan untuk searching gambar dari mbah google dulu sebelum hari-H. Biasanya psikotest disini, hanya diminta untuk menggambar, dari situ penyeleksi dapat mengetahui gambaran kepribadian peserta seleksi. Jangan dulu pesimis jika kamu bukan seseorang yang ahli menggambar, karena disini bukan bagusnya yang dilihat tapi bentuk gambar dan detail gambar yang dibuat. Nanti akan disediakan gambar dibeberapa kotak.Peserta akan diminta untuk melanjutkan gambar di masing-masing kotak tersebut. Misal pada kotak pertama, dari gambar sebuah titik tersebut dapat dibuat gambar bunga. Kemudian, setelah selesai membuat gambar pada masing-masing kotak tersebut makan akan dikumpulkan kepada panitia. Selanjutnya kamu akan disediakan dua kertas HVS. Kertas pertama diminta untuk menggambar sebuah pohon, dan kertas kedua menggambar seorang manusia yang sedang melakukan aktivitas disertai keterangan aktivitas yang dilakukan. Tipsnya disini yaitu detail dalam menggambar. Untuk pohon ada akar, batang, daun, ranting, buah, dan sebagainya lengkap. Untuk gambar manusia, dari ujung kaki sampai ujung kepala harus digambarkan detail. Hanya berbagi cerita saja, kalau saya kemarin menggambar pohon apel dan seorang guru yang sedang mengajar. Beberapa jam setelah selesai sesi tertulis, akan diumumkan siapa yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu tahap interview (wawancara). Namun, kalau dikota-kota besar biasanya sebelum tahap wawancara ada selesksi FGD-nya (Focus Group Discussion).Nah untuk itulah saya bilang diawal tadi harus menyiapkan mental, karena jika kamu lolos tes tertulis maka di hari yang sama kamu akan dihadapkan pada tahap yang paling menegangkan (menurut saya.. hehe), karena diintrogasi habis-habisan sama interviewer. Kamu tahu siapa yang mewawancarai? Mereka adalah orang dari pihak Djarum langsung dan psikolog yang sudah diakui kemahirannya. 
  4. Ketika tahap wawancara ini, kamu harus pandai-pandai mengalihkan perhatian mereka, bagaimana caranya supaya mereka menanyakan apa yang kita kehendaki. Karena apa yang kita jawab, maka itulah yang akan mereka gali terus sebagai pertanyaan. So, jaga setiap jawaban kita, karena sekali melenceng maka bisa jadi mereka akan membuat pertanyaan jebakan. Mindset kan dalam pikiran dan pada waktu wawancara (apabila ditanya) bahwa apabila saya mendapatkan beasiswa ini maka manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri tetapi saya ingin BERBAGI MANFAAT kepada orang lain dari ilmu dan pengalaman yang saya peroleh tersebut. Poin yang tak kalah penting disini adalah Be Your Self (jadi diri sendiri), tak usah berkoar-koar menjawab berlebihan tapi tidak sesuai dengan realita. Jawablah dengan penuh semangat dan optimis tapi tetap JUJUR. Satu lagi, tenangkan hati dan pikiran, jangan tampak grogi ketika diwawancarai, keep calm and enjoy it, anggap para interviewer seperti sahabat kita yang nyaman untuk berbagi cerita. Setelah semua tahap seleksi selesai dilewati, tinggal bertawakal lagi kepada Tuhan. Keep your pray. Ingatlah bahwa lebih baik mencoba lalu gagal, daripada gagal untuk mencoba. Yakinlah bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia, minimal kita telah melewati fase yang lebih dibanding orang lain yang tidak mencoba, yaitu mendapatkan pengalaman berharga mengikuti seleksi. Dan tanamkan pada hatimu, “Tuhanku, ku yakin seindah-indah nya rencana ku, jauh lebih indah rencana-Mu untuk ku. Maka berikanlah hasil yang terbaik.” Dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan dari-Nya. Man Jadda Wa Jada! GOOD LUCK for You!
Wah itu tadi tips dari Dona Setiani penerima Beswan Djarum. Bagaimana sobat wow sudah tahukan tentang tipsnya, eits buat sobat wow yang sudah tidak sabar ingin segera mendaftar beswan silahkan segera daftar ya! Adapun persyaratn yang harus ditempuh untuk beswan djarum antara lain sebagai berikut:
A. SYARAT PENDAFTAR
  • Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) semester IV dari semua disiplin ilmu.
  • IPK minimum 3.00 pada semester III.
  • Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
  • Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (pada 1 September 2018-31 Agustus 2019).
  • Kuliah di Mitra Perguruan tinggi Program Djarum Beasiswa Plus.
  • Mengisi Form Pendaftaran online di website beswan djarum.
B. SYARAT ADMINISTRASI
  • Berkas pendaftaran online.
  • Bukti PDF dari form pendaftaran online.
  • Satu lembar pasfoto ukuran 4 x 6 cm berwarna, memakai jas almamater.
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa.
  • Transkrip Nilai sampai dengan semester III, yang telah dilegalisir.
  • Surat Keterangan aktif organisasi / Salinan sertifikat kegiatan organisasi / Salinan sertifikat prestasi yang diikuti/dimiliki.
  • Surat keterangan dari kampus (Rektorat ) bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain terhituna periode 1 September 2018-31 Agustus 2019 .
C. SYARAT TES TULIS DAN WAWANCARA
  • Kartu Tanda Mahasiswa.
  • Bukti undangan tes (SMS/email).
  • Bawa alat tulis.
  • Berpakaian rapi: jaket almamater, rok/celana panjang, bersepatu tertutup.
D. TAHAPAN SELEKSI 2018
  • PENDAFTARAN ONLINE: 2 APRIL - 19 MEI 2018
  • PENGUMPULAN BERKAS: 20 MEI 2018 (BATAS AKHIR)
  • SELEKSI BERKAS ADMINISTRASI: 21 - 26 MEI 2018
  • PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI: MULAI 21 MEI 2018
  • TES TULIS (TPA) DAN WAWANCARA: 1 JUNI - 31 AGUSTUS 2018
  • PENGUMUMAN BESWAN DJARUM 2018/2019*: 12 SEPTEMBER 2018
  • MASA AKTIF BEASISWA: 1 SEPTEMBER 2018 - 31 AGUSTUS 2019
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Ingin Lolos BESWAN DJARUM? Yuk Ikutin Tips Berikut Ini!"

close