Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik ONMIPA 2018!


Wowitukeren – Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) merupakan salah satu program rutin tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Tinggi di Indonesia. ONMIPA sendiri rutin dilaksanakan pada semester genap pada perguruan tinggi, olimpiade bergengsi ini memiliki tiga tahapan seleksi yakni seleksi Universitas, Wilayah dan seleksi Nasional. Yang dimana seleksi tersebut diikuti hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Di Jawa Tengah sendiri, seleksi ONMIPA 2018 akan dilaksanakan pada 22 s.d. 23 Maret 2018 di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Nah tentunya sobat wow yang saat ini mau mengikuti seleksi wilayah pasti akan kebinggungan sebab baru pertama kalinya ikut olimpiade setingkat perguruan tinggi kan? Nah tapi sobat jangan galau dan takut, karene wowitukeren sangat baik kepada sobat wow disini wowitukeren akan berbagi tips dan triknya.
Perdalam Materi yang akan di Ujikan
Materi yang diujikan dalam ONMIPA adalah materi dasar (lama) yang sebelumnya belum sudah ada yang sobat wow peroleh waktu SMA dan sebagian lagi sobat wow peroleh waktu kuliah. Namun tentunya sangat sulit sekali memahami konsep-konsep teori lama. Namun untuk memperkuat pengetahuan dan pemahaman sobat wow, tidak salah jika sobat wow mulai memperdalam lagi ilmu-ilmu tersebut hingga tuntas tentunya, meskipun ini memakan waktu yang tidak sedikit.
Minta Bimbingan Dosen
Jika sobat merasa kesulitan dalam megerjakan atau memahami suatu konsep yang akan diujikan dalam ONMIPA, bimbingan dosen adalah pilihan yang tepat untuk sobat wow dapatkan. Pasalnya dengan kita meminta bimbingan dari dosen pasti dosen tersebut akan memberikan pemahaman konsep yang lebih mudah dan praktis untuk dikerjakan.
Cari soal-soal seleksi tahun sebelumnya
Konsep soal-soal ONMIPA setiap tahunnya memiliki kemiripan dengan soal-soal pada tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pokok bahasan yang diujikan akan sama setiap tahunnya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika sobat mempelajari soal-soal seleksi dari tahun ketahun untuk memperdalam pengetahuan sobat wow.
Percaya diri
Membangun rasa percaya diri adalah hal utama untuk meraih kesuksesan. Oleh sebab itu sobat wow harus membangun rasa percaya diri dimulai dari sekarang untuk bisa mengerjakan soal-soal yang diujikan dalam ONMIPA 2018.
Belajar H-7 sebelum pelaksanaan ONMIPA
Belajar minimal H-7 itu penting sobat wow, jangan sampai sobat wow belajar H-1 ketika akan diadakan perlombaan. Hal ini nantinya akan menghambat tingkat pemahaman sobat terhadap konsep soal-soal ONMIPA.
Berdo’a
Yang paling utama kita lakukan setelah berusaha selama beberapa hari adalah berdo’a. Do’a disini nantinya kita serahkan kepada Allah SWT dan apapun hasilnya kita harus belajar ikhlas mungkin rezeki kita bukan diajang ini. Tetap semangat untuk terus berjuang dalam ONMIPA 2018.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik ONMIPA 2018!"

close