Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binggung Memilih Jurusan dan Universitas yang Tepat? Baca Aja Tips di Bawah Ini!

Wowitukeren – Memilih jurusan dan universitas merupakan salah satu yang menjadi pilihan yang tepat bagi setiap individu, mungkin salah satu diantaranya ialah sobat wow sendiri? Peilihan ini harus tepat cepat dan rahasia dari orang lain. Apalagi sobat wow yang saat ini mengidam-idamkan kampus PTN ternama di Indonesia. Tapi yang perlu sobat wow garis bawahi memilih jurusanlah yang harus menjadi dominan utama dibandingkan universitasnya, jangan sampai sobat wow diterima dikampus ternama tapi tidak suka dengan jurusan yang sobat wow pilih dalam kampus tersebut.

Berdasarkan survey yang ada, sidah banyak sekali mahasiswa Indonesia yang salah dalam mengambil jurusan meskipun jurusan itu berada dikampus ternama, dan sudah tidak sedikit lagi mahasiswa yang pindah jurusan dikarenakan salah pemilihan jurusan pada saat pertama kali mendaftar di sebuah kampus. Untuk meminimalisir hal tersebut, Wowitukeren akan berbagi tipsnya kepada sobat wow yang saat ini sedang membaca artikel ini sampai habis.
Tanyakan pada diri sendiri, Minat dan Bakat apa yang sesuai dengan diri kita?
Setiap individu dimuka bumi ini, memiliki bakat dan minat pada bidang yang berbeda-beda. Mungkin ada yang berminat dengan bidang kedokteran, bidang matematika, Informatika bahkan hingga pada bidang sastra dan bahasa. Tentunya sobat akan berfikir bahwa bidang tersebut sangat layak untuk diri sobat wow sendiri, tapi sobat wow harus yakin bahwa jurusan itu sangat sobat wow sukai dan sangat sobat wow damba-dambakan. Misalkan sobat wow masih binggung silahkan saja melakukan shalat sunnah istkiharoh buat yang muslim nantinya sobat wow akan mendapatkan pilihan (jawaban) dari Allah bisa melalui mimpi atau kejadian yang mengejutkan untuk sobat wow. So kenali dirimu melalui bakatmu.
Pilih Universitas yang tepat
Ketika sobat wow sudah mengetahui jurusan yang akan diambil, kini saatnya sobat wow menentukan kampus yang sobat wow inginkan. Siapa yang ingin masuk FK UI? Atau Informatika ITB? Atau mungkin Akuntansi di UGM, eits Ilmu Hukum UNDIP, Ilmu Komputer UB lah, jangan-jangan Teknik Sipil UNS bagus deh, eh Ilmu Komunikasi UNPAD biar kece. Tentunya jurusan yang sobat wow dambakan akan segera terwujud dengan adanya pilihan universitas yang bagus. Saran dari wowitukeren pilihlah jurusan atau kampus yang minimal memiliki akreditasi institusi B meskipun itu swasta sekalipun, tapi jangan panik karena sekarang yang dicari bukan lulusan dari kampus ternamanya melainkan akreditasi jurusan dan kampuslah yang menjadi primadona untuk mendaftar pekerjaan.
Meminta masukkan dari orang tua maupun sahabat
Setelah menentukan Jurusan dan Universitas, kini sobat wow meminta masukkan dari orang tua maupun sahabat yang sobat wow percaya untuk meminta pendapat. Dorongan dan motivasi orang tua dan sahabatlah yang akan membuat sobat wow mudah untuk menjalankan betapa hebatnya persaingan untuk memperebutkan jurusan di universitas yang sobat wow pilih.
Pilih tempat kuliah yang strategis
Pilih tempat kuliah yang strategis, kenapa demikian? Pasalnya tingkat kestrategisan Universitas akan mempermudah belajar mahasiswanya. Contohnya seperti fasilitas penunjang dll.
Melakukan persiapan alternative
Meskipun sobat wow menginginkan kampus PTN yang menjadi prioritas utama, tapi sobat wow janganlah lupa untuk membuat alternatif-alternatif lainnya. Misalnya sobat wow ingin kuliah di Informatika ITB tetapi sobat wow juga harus membuat planning diswastanya juga kalau bisa yang berdekatan dengan kampus ITB tersebut misalnya di Informatika Telkom University atau yang lainnya.
Berdo’a
Berusaha tanpa disertai do’a akan sia-sia. Begitupun Do’a tanpa disertai usaha maka akan semakin percuma. Untuk itu berdo’alah kepada Allah SWT karena dialah yang maha melihat dan mengetahui semua keinginan kita.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Binggung Memilih Jurusan dan Universitas yang Tepat? Baca Aja Tips di Bawah Ini!"

close