Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

komponen - komponen jaringan dan fungsinya

A. Kabel
     1. Coaxial Cable
         jenis kabel dengan inti yang terbuat dari tembaga dan di kelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga                lain, di antaranya terdapat isolator.

         Ada dua tipe coaxial cable untuk jaringan komputer, yaitu thick coax cable (mempunyai diameter                  cukup besar), dan thin coax cable (mempunyai diameter lebih kecil).
     2. Twisted Pair Cable
         Ethernet juga dapat menggunakan jenis kabel lain, yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP                  (Shielded Twisted Pair). kabel UTP dan STP yang umum di pakai adalah kabel yang terdiri dari 4                pasang kabel terpilin, untuk menghubungkan client ke hub/router.

     3. Fiber Opetic Cable
         Merupakan kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal.          sering di pakai sebagai saluran backbone karena keandalannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan            kabel coaxial cable atau kabel UTP




B. Ethernet Card
     Ethernet Card atau lancard berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. ada beberapa jenis port koneksi yang dapat di gunakan. jika di desain untuk kabel jenis coaxial, maka konektor yang di pakai adalah konektor BNC (Barrel Net Connector atau Bayonet net Connector).


C. Hub dan Switch (KONSENTRATOR)
     Konsntrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel - kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. konsentrator biasa dipakai pada topologi star. hub dan switch umunya mempunyai port RJ-45 sebagai port untuk menghubungkan komputer.


D. Repeater
     berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel, lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, pada segmen kabel lain sehingga jarak antara kabel dapat diperpanjang


E. Bridge
    Fungsi dari perangkat ini hampir sama dengan fungsi repeater, tetapi bridge mampu mgnhubungkan transmisi berbeda. misalnya, jaringan ethernet baseband dengan ethernet broadband.


F. Router
    Router merupakan perangkat yang di khususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui paket switching. router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya, dan memutuskan rute yang akan di lewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "komponen - komponen jaringan dan fungsinya"

close