Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN SIMULASI VISUAL

SIMULASI VISUAL

         Simulasi Visual adalah 3D visualization atau video animasi 3D yang mewujudkan gagasan secara visual untuk memecahkan suatu masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Simulasi visual adalah  sebuah aplikasi yang menghubungkan orangsatu dengan yg lain tanpa menatap muka langsung


        Dalam mengomunikasikan gagasan diperlukan kemampuan memvisualkan materi informasi agar menjadi sarana komunikasi yang lebih mudah tersampaikan dan dicerna.Proses pembuatan animasi 3D terdiri atas proses:
  • ide gambar
  • pemodelan
  • texture
  • menganimasikan dan rendering
  • memiliki dimensi ruang tinggi kedalaman yang dibuat pada objek oleh sebuah software
  • gratis
      Pemodelan 3D memiliki proses pembuatan yang panjang akan tetapi model dapat disimpan, dilihat dari berbagai sudutpandang dan proses animasinya menjadi mudah. Sementara itu pada animasi 2D, objek/karakter dapat dibuat dalam waktu singkat namun justru menganimasikannya memerlukan proses yang panjang karena harus dilakukan berulang-ulang.
      Software pengolah animasi 3D yang dapat digunakan membuat simulasi visual tersedia beragam, antara lain 3DsMax, Cinema 4D, Maya, Blender. Simulasi Visual menggunakan software Blender karena merupakan freeware dengan file instalasi yang tidak besar. Blender dapat dijalankan menggunakan Operating System Linux, Windows dan Mac. 
Simulasi visual berfungsi sebagai media untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep dalam bentuk simulasi dalam format digital.

      Era digital saat ini menuntut konten yang lebih dari hanya sekadar sebuah teks dan gambar grafik 2D. Hal ini didukung oleh software pembuat animasi 3D yang sangat beragam. Perangkat elektronik sudah mampu membaca bahan ajar digital seperti ebook dengan ekstensi format file *epub (electronic publication) yang di dalamnya tidak hanya teks dan gambar melainkan juga mampu
membaca format video.ciri - ciri simulasi 3d yaitu:

Secara garis besar pembeda simulasi visual dari film animasi bercerita (animasi kartun) adalah bentuk animasinya yang dominan menggunakan teknik animasi sederhana seperti perpindahan lokasi objek (moving), perubahan ukuran objek (scale), Putaran objek (rotation) dan menganimasikan kamera (camera animation). Selebihnya untuk menambah impresi animasi bisa ditambahkan animasi efek untuk menambah realisasi objek yang di ceritakan. Penambahan efek adalah animasi tingkat lanjut dan biasanya memerlukan penggunaan software tambahan untuk membuat efek tersebut. 

 sekian dari saya tentang simulasi visual semoga bermanfaat :) 

    Bona Pasogit
    Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

    Posting Komentar untuk "PENGERTIAN SIMULASI VISUAL"

    close