Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sok breker

Pada setiap sistem suspensi hampir selalu dilengkapi dengan sok breker. Sok breker berguna untuk meredam kejutan – kejutan akibat gaya pegas. Tanpa sok breker maka getaran akibat gaya pegas akan berlangsung lebih lama. Demikian pula roda – roda mobil akan meloncat – loncat di atas permukaan jalan. Perilaku roda jika sistem suspensi tanpa sok breker digambarkan sebagai berikut:
Sok breker
Apabila dibuat grafik getaran maka akan terlihat dengan jelas perbedaan antara sistem suspensi dengan sok breker dan tanpa sok breker. Perhatikan gambar berikut:
Sok breker
Pada dasarnya sebuah sok breker hanyalah sebuah piston yang bergerak di dalam sebuah tabung berdinding rangkap yang berisi minyak. Supaya minyak bisa bersirkulasi menuruti gerak piston maka dinding tabung sebelah dalam dibuat lubang kecil – kecil. Karena minyak dipaksa mengalir melewati lubang – lubang kecil ini maka sirkulasi minyak dan gerak piston menjadi terhambat. Apabila mobil melewati jalan yang tidak rata, piston akan bergerak naik turun sesuai dengan gerak badan mobil dan roda yang menerima beban. Suhu sok breker naik sampai bisa mencapai 150 derajat celcius. Ada beberapa model sok breker yang bereda dipasaran:

  1. Model standar. Model ini mempunyai diameter paling kecil dibandingkan dengan model lainnya. Klep –klep serta pengaturannya paling sedikit. 
  2. Model tugas berat. Model ini mempunyai kemampuan lebih besar dari model standar karena diameternya yang 20 – 25 % lebih besar.
  3. Model ekstra tugas berat. Model ini mungkin yang paling besar diameternya. Diameternya kurang lebih 40% lebih besar dari diameter standar. Dengan demikian jauh lebih nyaman dan lebih aman.

Pemeriksaan dan perawatan:

Pemeriksaan fungsi sok breker secara sederhana:

  1. Tekan bemper depan dan bemper belakang secara bergantian dengan keras dan lepas kembali dengan mendadak. Jika badan mobil melonjak tinggi dan berayun maka itu berarti sok brekernya telah rusak. 
  2. Jalankan mobil. Jika badan mobil bergoyang – goyang atau berayun berarti sok brekernya telah rusak. Atau jika roda terasa melonjak – lonjak maka hal itu berarti juga sok  brekernya tidak bekerja dengan baik. 
  3. Perhatikan keausan ban. Keausan yang tidak merata juga bisa disebabkan oleh sok breker yang rusak. Keausan tersebut disebabkan oleh roda yang melonjak – lonjak. 
  4. Periksa bagian luar sok brekernya. Jika berlumuran minyak maka hal itu pertanda sok brekernya bocor.

Apabila sok breker akan diganti maka pilihlah sok breker yang baik. Untuk menentukan baik tidaknya sebuah sokbreker, cara berikut ini mungkin dapat membantu meskipun tidaklah mutlak benar karena tergantung kepekaan seseorang.

  1. Tekan sok breker kuat – kuat kemudian lepas tekanannya dan tarik dalam arah perpanjangannya. Jika tarikan tersebut jalannya terasa tersendat – sendat, tidak lancar dan lembut maka hal itu mungkin sekali karena di dalam sistem hidroliknya terdapat udara palsu. 
  2. Tegakkan sok breker sambil ditarik dalam arah perpanjangannya ke atas.
  3. Dengan segera balikkan ujung atas tadi ke bawah sambil ditekan. Lakukan hal tersebut berulang – ulang sampai gerakannya terasa lancar.

Hal – hal yang perlu diperhatikan pada pergantian sok breker:

  1. Meskipun hanya salah satu dari sok breker yang rusak sebaiknya diganti seluruhnya. Jika hanya yang rusak saja yang diganti maka mungkin mobil menjadi tidak seimbang dan akan sangat terasa saat mobil dikemudikan.
  2. Apabila sok breker telah dipakai untuk batas waktu tertentu melebihi ketentuan dari pabrik pembuatnya sebaiknya segera diganti demi keselamatan.

Gambar sok breker teleskopis dan pergerakkan minyak hidrolis

Gambar sok breker teleskopis dan pergerakkan minyak hidrolis1 = pemegang sok breker berker chasisi
2 = tongkat piston
3 = ruang cadangan penampung minyak hidrolis yang terdesak
4 = kelep / katup tekan bawah ke ruang tekan atas
5 = kelep tekan dari ruang ke ruang tekan bagian bawah
6 = kelep tekan dari ruang cadangan ke ruang tekan bawah
7 = kelep tekan dari ruang tekan bwah ke ruang cadangan
8 = pemegan sok breker ke axle.








Pemasangan Sok breker pada chasis


Pemasangan Sok breker pada chasis

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Sok breker"

close