Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati – hati berurusan dengan kiprok!

Kisah ini pengalaman nyata sahabat saya ketika mengendarai sepeda motor Yamaha mio nya. Ketika melaju di sebuah jalan, tiba – tiba ada pengendara lain berteriak dan memintanya berhenti. Katanya ‘ Pak motornya terbakar, ada asap” Spontan teman saya pun berhenti dan memeriksa sepeda motor yang dia kendarai tersebut. Ketika dilihat keluar asap dari bawh jok dekat tangki bensin. Untungnya kebakaran tersebut tidak sampai membakar bensin di dalam tangki tersebut. Motor pun dibawa ke bengkel dan diservis. Ketika diperiksa ternyata kabel yang masuk ke kiprok sudah meleleh, begitu pula dengan socket plastic yang masuk ke kiprok sudah tak berbentuk lagi. Kesimpulan sementara diduga system pengisian ada yang rusak, maka kiprok sampai terbakar. 

Perbaikan pun dilakukan dengan mengganti kabelnya saja dan tetap menggunakan kiprok yang lama, alasan teman saya kiproknya masih baru. setelah dipasang kembali ternyata sepeda motor tetap menyala dan aman – aman saja. Setelah 2 minggu berlalu,  kejadian yang sama terulang kembali kabel dan socket di kiprok meleleh kembali. Untung kali ini tidak sampai menimbulkan api seperti dalam kejadian sebelumnya. Saya pun menyarankan  kepadanya supaya mengganti kiproknya saja. Pendapat saya kiprok pasti sudah rusak akibat kebakaran yang disebakan konsleting pertama. Dan untuk memastikannya saya pun menyarankan padanya untuk mengecek kiprok dengan cara sebagai berikut:
  1. Hidupkan sepeda motor dan biarkan dalam kondisi langsam selama beberapa menit.
  2. Sentuh dengan tangan bodi dari kiprok. Jika kiprok panas atau hangat, berarti kiprok bekerja dengan baik. Tapi bila bodi kiprok tetap dingin, kesimpulannya kiprok sudah rusak dan harus diganti.

Kembali kepada masalah permasalah kiprok teman saya tersebut, kerusakan kiprok ini membuat arus yang dibuang ke aki menjadi berlebihan akibatnya kabel tak mampu menahan arus yang besar tersebut dan akhirnya terbakar. Jadi rusaknya  kiprok tidak bisa diabaikan begitu saja, mungkin untuk sepeda motor yang lain hanya berdampak putusnya lampu kepala. Tapi pada sepeda motor Yamaha mio kerusakan ini bisa berakibat kematian, sebab timbul kebakaran di socket kiprok. Dan bahayanya adalah kiprok ini terletak dekat sekali dengan tangki bensin.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Hati – hati berurusan dengan kiprok!"

close