Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aki Soak - Lampu Kepala Putus

Saya memiliki sebuah sepeda motor Honda Supra PGM Fi, dengan teknologi sudah injeksi. Setelah 3 tahun pemakaian aki sepeda motor Supra saya tersebut rusak alias soak. Akibatnya setiap akan menghidupkan sepeda motor harus mengengkol kick starter, hal ini karena electric starter tidak berfungsi. Tapi sepeda motor tetap bisa hidup, walau harus tahu teknik mengengkolnya. Singkat cerita sepeda motor tetap saya gunakan walau tanpa aki (aki soak). Dan apa yang terjadi ? Lampu kepala depan sepeda motor mati, kebetulan lampu sepeda motor Supra ada 2, jadi masih ada 1 yang menyala. Tapi selang beberapa bulan lampu depan yang satunya pun ikut mati. Mau tidak mau saya servis juga lampu depan dan mengganti kedua bohlam lampu depan tersebut. Alhasil lampu pun dapat menyala kembali. Tapi sayangnya hanya bertahan beberapa bulan lampu kepala pun mati lagi satu. Dan seperti sebelumnya lampu satunya tetap hidup. Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama, maka saya pun segera mengganti aki, saya agar lampu kepala tidak putus terus. 

Mungkin anda pernah mengetahui secara lisan dari orang bahwa jika lampu kepala putus, umumnya disebabkan karena kiprok rusak. Tapi dalam kasus kali ini, bukan kiprok yang rusak, melainkan disebakan aki yang sudah soak. Aki selain sebagai tempat menyimpan listrik, tapi juga sebagai stabilizer listrik. Suplai listrik pada sepeda motor dihasilkan dari sepul. Listrik yang dihasilkan berbeda berdasarkan kecepatan putaran mesin. Kecepatan putaran mesin yang tinggi akan menghasilkan listrik yang besar. Kecepatan putaran mesin yang rendah akan menghasilkan listrik yang rendah. Pada saat listrik rendah tidak akan menjadi masalah pada rangkaian kelistrikan. Tapi pada saat listrik besar hal ini menjadi masalah karena itu dibutuhkan aki untuk menampung kelebihan listrik tersebut. Pada saat kelebihan listrik tidak bisa ditampung maka rangkaian lampu kepala yang akan terkena dampaknya. Dan pengaturan kelebihan listrik ini diatur oleh kiprok.

Jadi tidak selamanya kasus lampu kepala putus, diakibatkan oleh kiprok. Aki yang sudah rusak atau soak akan mengakibatkan lampu kepala bisa putus juga. Aki inilah yang akan menampung kelebihan listrik yang dihasilkan oleh sepul. Sedangkan bila aki rusak, maka kelebihan listrik tidak bisa ditampung oleh aki.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Aki Soak - Lampu Kepala Putus"

close