Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Mendongkrak Mobil


Hampir untuk setiap pekerjaan memperbaiki, merawat, atau menyetel bagian chasis mobil dipergunakan dongkrak. Untuk itulah bagi para mekanik khususnya dan pemilik mobil pada umumnya harus tahu bagaimana cara mendongkrak mobil yang aman. Di samping itu perlu juga diketahui bagian - bagian mana saja yang cukup kuat untuk digunakan sebagai tempat penyangga mobil. Dongkrak yang digunakan pada bengkel mobil umumnya adalah dongkrak ulir dan dongkrak buaya. Dongkrak ulir dengan konstruksinya yang kecil mempunyai keuntungan, yaitu tidak memerlukan tempat yang luas. Tetapi dongkrak in kurang stabil karena landasannya kurang lebar. Oleh karena itu pada waktu mobil didongkrak dengan dongkrak ulir maka jagalah agar roda jangan sampai berputar. Apabila bagian depan mobil yang didongkrak maka roda belakang harus direm. Jika bagian belakang yang didongkrak maka ganjallah roda depan. Hal ini berbeda dengan apabila mobil didongkrak dengan dongkrak buaya. Jika mobil didongkrak dengan dongkrak buaya maka roda mobil harus dapat berputar agar roda dapat menyesuaikan dengan perubahan posisi chasis mobil terhadap lantai. 

Cara mendongkrak mobil 

  1. Gunakan dongkrak yang kekuatannya lebih besar dari pada berat mobil
  2. Pastikan bahwa dongkrak masih bekerja dengan baik
  3. Tempatkan dongkrak pada bagian yang kuat, misalnya di chasisi atau dudukan per. Jangan menempatkan dongkrak pada bagian badan mobil.
  4. Pada waktu mendongkrak, bebaskan semua rem, termasuk rem tangan, agar roda - roda bisa berputar pada waktu mobil bergerak naik
  5. Bila mobil akan didongkrak dalam waktu yang lama maka pasanglah penyangga khusus sebagai ganti dongkrak.
  6. Bila hanya salah satu bagian saja didongkrak (depan atau belakang), setelah mobil didongkrak berilah ganjal dan remlah roda yang tidak didongkrak agar penyangga tidak mudah tergelincir.
  7. Jangan mendongkrak mobil pada permukaan bidang miring.
  8. Bila terpakas mendongkrak di atas tanah yang gembur, tempatkan dongkrak di atas papan yang tidak mudah pecah agar dongkrak tidak terbenam ke dalam tanah.

Cara menurunkan mobil dari dongkrak:


  1. Apabila mobil ditahan dengan penyangga khusus, naikkan mobil dengan dongkrak sedikit saja dan kemudian kuncilah dongkrak tersebut.
  2. Bebaskan transmisi dan rem
  3. Sisihkan ganjal - ganjal roda dan penyangga khusus penahan mobil.
  4. Turunkan mobil perlahan - lahan dengan membuka pengunci dongkrak. Agar mobil turun perlahan maka janganlah membuka pengunci dengan cara mengejut.
  5. Apabila permukaan ban sudah menapak pada lantai ikuti gerak turun mobil dengan pelan agar sistem suspensi sampai pada posisi normal penyangga mobil. Jangan mempercepat dalam membuka pengunci karena gerak turun mobil masih akan mengejut dan kemudian berayun - ayun karena sistem suspensinya.
Teknik Mendongkrak Mobil

Teknik Mendongkrak Mobil

Teknik Mendongkrak Mobil




Selain dengan dongkrak, untuk mengangkat mobil dapat dilakukan dengan lift. Ada bermacam - macam lift yang antara lain adalah:

  1. Lift dorong Teknik Mendongkrak Mobil
  2. LIft model jembatan 
  3. Lift model lengan Teknik Mendongkrak Mobil
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Teknik Mendongkrak Mobil"

close