Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengendali Wiper / Washer

Belakangan ini pencuci kaca depan elektrik meningkatkan pemakaian dalam mobil – mobil baru, rupanya mereka telah menjadi peran standar. Kini  ‘convension kit’ dengan pompa elektrik 12 V juga telah dipasarkan secara terpisah. Unit yang dipaparkan di sini menawarkan pengendali wiper yang mudah dan cocok bila dioperasikan bersama – sama dengan washer elektrik, ketika saklar washer dilepas wiper masih akan terus bergerak selama beberapa detik. Selain itu unit ini dapat digabungkan pula dengan unit pemerlambat wiper yang telah dijelaskan dalam proyek 6, gunanya adalah untuk memberikan teknik pencuci kaca depan dengan metode sapuan cepat ketika kaca depan terkana percikan lumpur dari jalan. 

Cara kerja rangkaian

Bial saklar washer kaca depan ditekan, motor pompa washer akan berputar dan C1 akan mengisi secara cepat melalui D1 dan R1. Bila saklar ditekan lagi, TR1 akan on melalui R3, akibatnya TR2 dan relay juga akan on. Kontak relay mengendalikan wiper kaca depan.
 Ketika saklar dilepas, C1 ditahan oleh D1 dari pengosongan muatan secara cepat melalui lintasan resistansi rendah R1 dan koil motor. Sebagai gantinya pengosongan muatan berjalan melalui lintasan pararel VR1 dan R2, serta R3 dan persambungan basis – emiter TR1 dan TR2. Jadi bila pada C1 terdapat muatan  dalam jumlah cukup memadai, TR1 dan TR2 akan tetap on,begitu pula relaynya. Ketika  arus melalui relay turun di bawah nilai gengamnya, kontak terbuka motor wiper berhenti berputar. Selang waktu di antara pelepasan saklar washer dan pembukaan kontak relay diatur oleh VR1. 
Pengendali Wiper / Washer





Konstruksi

Gambar di bawah ini menunjukkan tata letak untuk papan strip matrik tembaga 0,15 inci (9 strip x 16 lubang), beserta pemutusan jalur yang dibutuhkan. Rangkaian yang telah selesai dikerjakan dapat ditempatkan dalam wadah di bawah dashboard, bagian depan wadah tersebut memuat saklar washer yang berasal dari jenis momentary pushbutton. Relay anda tempatkan pula dalam wadah tersebut.

Pemasangan

Bila pompa washer telah dipasang, periksalah apakah pengawatannya sesuai dengan yang tertera dalam diagram rangkaian, di antara saklar dan tanah sasis mobil. Ambillah seutas kawat, hubungkan dari anoda D1 pada papan rangkaian menuju sambungan antara saklar washer dan motor. Hubungkan pula kutub positif dan tanah sasis dengna kontak relay yang digunakan untuk mengendalikan wiper. Bila uni pemerlambat wiper tidak dipasang, hubungkan kontak relay seperti pada gambar menurut susunan elektrik motor wiper. 
Pengendali Wiper / Washer

Pemakaian unit

Bila dpasang unit pemerlambat wiper (proyek 6), maka papan rangkaian unit ini dapat ditempatkan dalam wadah yang sama. Relay kedua untuk mengendalikan wiper dan washer tidak diperlukan di sini, kolektor TR2 langsung dapat dihubungkan pada kolektor TR3 dalam papan rangkaian pemerlambat wiper (hubungan koil relay (1)). Cara mengoperasikan kedua unit ini  itu adalah sebagai berikut; Bila saklar washer ditekan dan wiper tidak diaktifkan, maka proses penyapuan dimulai bersamaan dengan proses pencucian dan itu akan terus berlanjut ketika saklar washer ditekan lagi. Setelah saklar washer dilepas, proses pencucian akan berhenti dan wiper terus bergerak dengan kecepatan penuh selama beberapa detik ( lamanya ditentukan oleh VR1). Bila wiper ada dalam proses sapuan yang diperlambat, maka ketika saklar washer ditekan aksi wiper dan washer akan berlangsung pada kecepatan normal dan akan kembali pada proses sapuan yang diperlambat selama beberapa detik setelah saklar washer dilepaskan. 
Pengendali Wiper / Washer

Pemilihan Komponen

Bila VR1 tidak dapat disetel untuk memberikan waktu penyapuan yang memuaskan setelah saklar washer dilepaskan, maka usahakanlah untuk memperbesar C1 bila dikehendaki sapuan yang lambat, dan sebaliknya memperkecil C1 bila dikehendaki sapuan yang cepat. Kendaaraan sistem bumi positif dapat dipenuhi dengan membalikkan polaritas dioda dan kapasitor elektrolit, selain itu anda harus mengganti transistor NPN menjadi PNP dan sebaliknya, sehingga motor washer dihubungkan di antara saklar dan tanah.

Daftar komponen untuk pengendali wiper / washer

Resistor (1/4 W, 5 %, film karbon)

R1         22 kilo ohm
R2         10 kilo ohm
R3         100 kilo ohm
R4         3,3 kilo ohm
R5         2,2 kilo ohm
VR1       100 kilo ohm , preset horisontal mini

Kapasitor

C1          47 mikro farad, 16 V, elektrolit

Semikonduktor

D1, D2    1N4148
TR1, TR2   BC108 (BC178 untuk sistem bumi positif)

Lain - lain

Papan strip matrik tembaga 0,15 inci ( 9 strip x 16 lubang)
RLA     Relay, 6 -12 V, arus kerja 100 mA atau kurang, pasangan kontak tukar memiliki batas arus minimum 4 A
Lempeng alumunium untuk dudukan bila perlu
    

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengendali Wiper / Washer"

close