Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Camshaft ( Poros Bubungan)

Poros bubungan adalah sebagian dari peralatan pada mesin empat langkah yang bekerja sama dengan poros engkol dalam menjalankan proses kerja motor tersebut.

Bahan :


  • Dibuat dari besi tuang
  • Baja tuang chroom nikel

Bagian - bagian poros bubungan dan gunanya:

  1. Roda gigi timing poros bubungan mendapatkan putaran dari poros engkol agar dapat mengatur dan melaksanakan pembukaan dan penutupan katup - katup, baik katup masuk maupun katup buang yang bekerja menurut proses kerja motor tersebut.
  2. Bantalan poros bubungan ( bearings), adalah bagian dari poros bubungan yang berguna untuk menempatkan dan berputarnya poros bubungan pada tempat kedudukannya baik terletak pada blok motor ataupun yang terletak pada kepala silinder motor.
  3. Bubungan ( cam ) adalah bagian dari poros bubungan yang bertugas mengadakan pembukaan dan penutupan katup.
  4. Gigi sentrik: berguna untuk memutarkan poros pompa oli.
Konstruksi poros bubungan

Konstruksi poros bubungan:

  1. poros bubungan disatukan dengan blok motor tujuannya ialah pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang dilakukan oleh poros bubungan.
  2. Poros bubungan yang dipisahkan, tujuannya ialah pembukaan dan penutupan katup - katup masuk atau katup buang dibuat terpisah, yaitu satu buang poros bubungan untuk katup masuk dan satu buah poros bubungan lagi untuk katup buang.
  3. Menurut tempat kedudukan dan bekerjanya poros bubungan terdapat 2 macam: ISC ( Internal Side Camshaft) , yaitu poros bubungan ditempatkan pada blok motor, diletakkan di sisi atas dari kedudukan poros engkol. Sedangkan yang kedua adalah OHC ( overhead camshaft) yaitu poros bubungan ditempatkan pada kepala silinder motor.
Konstruksi poros bubungan
Perputaran poros bubungan didapat dari perputaran poros engkol dengan perbandingan putaran 1 : 2 artinya satu putaran poros bubungan sama dengan dua putaran poros engkol, yang dihubungkan dengan 2 sistem:
  1. Hubungan roda gigi reduksi ( Tandwiel), ialah roda gigi poros engkol dihubungkan langsung dengan roda gigi poros bubungan.
  2. Hubungan rantai (ketting), ialah roda gigi poros engkol dihubungkan oleh rantai penghubung dengan roda gigi poros bubungan. Dalam pemasangan dan penyetelan bubungan roda gigi tersebut harus diperhatikan saat membuka dan menutup dari katup ( valve timing ) menurut motor tersebut ini disesuaikan dengan langkah piston di dalam silinder tersebut.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Camshaft ( Poros Bubungan)"

close