Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flasher pada Mobil


Flasher dipasang pada mobil untuk mengatur lampu tanda belok. Jika mobil akan berbelok ke kiri maka lampu tanda belok sebelah kiri harus dinyalakan untuk memberi tahu  kepada pengemudi dari arah belakang maupun pengemudi dari arah depan. Sebaliknya jika mobil hendak berbelok ke kanan maka lampu belok sebelah kanan harus dinyalakan. Nyala lampu berkedip karena kerjanya diatur oleh flasher.
Flasher pada Mobil
Gangguan yang sering terjadi pada lampu belok adalah tegangan listrik yang terlalu rendah sehingga lampu belok tidak menyala. Sambungan kabel yang berkarat atau longgar, sekering putus, saklar rusak, atau bola lampu yang putus mengakibatkan lampu tanda belok tidak menyala. Untuk mengatasi gangguan - gangguan tersebut maka pada waktu - waktu tertentu komponen - komponen sistem tanda belok harus diperiksa dan dibersihkan.

Pemeriksaan dan perawatan:

  1. Jika semua lampu tidak menyala, periksa kunci kontaknya dari kemungkinan rusak. Jika kunci kontak ada dalam keadaan baik, periksa keadaan sekeringnya. Mungkin sekering putus atau tidak tepat pemasangannya. Kemungkinan lain adalah kerusakan pada flasher.
  2. Jika lampu sebelah tidak mau nyala semua, periksa keadaan saklar pemindahnya. Kemungkinan saklar tersebut sudah rusak. Periksa juga keadaan kabel yang menuju ke lampu - lampu tersebut dari kemungkinan putus atau terlepas hubungannya.
  3. Jika sebuah lampu tidak mau menyala periksalah keadaan lampu tersebut, mungkin putus filamennya atau dudukannya tidak baik.
  4. Jika semua lampu menyala tapi tidak mau berkedip, periksa keadaan flashernya dari kemungkinan hubungan kontaknya tidak mau lepas. Periksa keadaan kunci kontaknya dan kabel - kabel flashernya.
  5. Jika lampu sebelah menyala tapi tidak mau berkedip. Periksalah keadaan saklar lampu tanda belok. Mungkin saklarnyat tidak bekerja dengan baik. Periksa juga hubungan lampu yang bersangkutan terhadap massa dari kemungkinan kendor, berkarat atau kotor.
  6. Jika pada waktu lampu tanda belok dinyalakan dengan memindah saklar lamput tetapi lampu kontrol tidak pada ruang kemudi tidak menyala, periksalah keadaan lampu tanda beloknya. Mungkin filamennya putus atau dudukannya tidak benar. Periksa juga keadaan flashernya. Mungkin sudah rusak. Jika flashernya rusak, ganti dengan yang baik.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Flasher pada Mobil"

close