Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeriksaan, Penyetelan, Perawatan EFI

Berikut ini adalah langkah pemeriksaan, penyetelan dan perawatan EFI:

  1. Periksa kedudukan dan pengerasan klem - klem pada sambungan slang. Klem yang longgar dapat menyebabkan kebocoran udara. Udara yang masuk setelah pengukur jumlah udara mengakibatkan kesalahan pada perbandingan campuran.
  2. Periksa keadaan slang/ saluran sistem pemasukan udara dari kemungkinan retak atau terpuntir. Jika slang retak harus diganti dengan segera.
  3. Periksa sistem pengaliran bensin pada saat motor hidup dari kemungkinan bocor, terutama pada bagian sambungan pompa bensin, saringan bensin dan pipa pembagi bahan bakar ke masing - masing injektor.
  4. Periksa sistem ventilasi karternya, tutup oli dan batang pengukur oli. Kelonggara pada sistem ventilasi karter mengakibatkan udara palsu. 
  5. Periksa keadaan slang vakum pada katup pengatur tekanan bahan bakar. Jika slang vakum bocor maka akan menyebabkan tekanan bahan bakar menjadi terlalu tinggi sehingga jumlah penyemprotan menjadi naik dan bahan bakar menjadi boros.
  6. Periksa keadaan dudukan dan steker - steker pengabelan pada motor. Dudukan yang longgar harus segera diperbaiki. Demikian pula dengan steker yang rusak atau kotor sekali.
  7. Periksa kerja katup pengatur udara tambahan dengan cara memijit slangnya pada saat motor hidup. Jika terjadi perubahan putaran motor yang melebihi 150 rpm maka hal itu berarti katup pengaur udara rusak dan harus diganti. Katup pengatur udara tambahan berfungsi untuk memberi udara tambahan pada saat motor dingin agar terjadi kenaikan putaran ( putaran start dingin ). Katup tersebut harus menutup saluran udara tambahan pada waktu motor sudah mencapai temperatur kerja.
  8. Setel putaran idel. Jika baut penyetel diputar keluar maka campuran menjadi kurus. Jika diputar ke dalam maka campuran menjadi kaya. Perhatikan syarat - syarat penyetelan idel. Sebelum idel disetel, celah platinan dan saringan udara dalam keadaan baik. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pemeriksaan, Penyetelan, Perawatan EFI"

close